Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengguna Asus Zenfone 4? Siasati Penggunaan Baterai Ponsel Anda

Cara Menghemat Baterai Asus Zenfone 4 - Asus Zenfone 4 merupakan salah satu gadget yang paling di cari pada tahun ini, tak bisa dibantah, spesifikasi serta design yang apik membuatnya semakin diburu oleh para penggemar gadget tanah air. Di dorong oleh tenanga prosesor Intel Atom Z2520 Dual Core 1,2 GHz serta RAM 1 GB dan juga memori internal 8 GB membuatnya sangat bertenaga di kelasnya.

Baterai merupakan elemen penting ponsel android anda, menjadikannya anda harus merawat agar nantinya tetap dapat digunakan lama. Semakin besar kapasitas baterai (mAh) maka semakin lama pula ponsel anda dapat digunakan saat itu pula.


Cara Mengemat Baterai Asus Zenfone 4

Namun, perlu anda siasati Asus Zenfone 4 ini hanya dipersenjatai baterai dengan kapasitas 1200 mAh saja. Sangatlah minim untuk digunakan beraktifitas sehari-hari, sehingga anda perlu menyiasati cara menghemat baterai pada Asus Zenfone 4 berikut yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber yang dapat dipercaya.

Cara Menghemat  Baterai Android Asus Zenfone 4

  1. Matikanlah berbagai Konektifitas ponsel saat tidak digunakan

  2. Bluetooth, Wi-Fi, saat tidak digunakan sebaiknya tidak anda posisikan menyala, karena Asus Zenfone 4 anda tentunya akan cepat terkuras karena kinerja dari berbagai konektifitas tersebut dapat memerlukan kinerja ponsel yang berakibat dapat menguras baterai ponsel anda

    Cara mematikannya cukup mudah, yakni cukup scroll down status bar Asus Zenfone 4 anda lalu pilih icon Wi-Fi dan Bluetooh anda. Bila ikon tersebut itu berwarna biru, maka tandanya masih menyala.

  3. Matikan Layanan Lokasi (GPS) bila tidak digunakan.
    Layanan Lokasi (GPS) merupakan layanan yang penting yang biasa anda gunakan untuk mencari jalan atau sedang tersesat, tapi apakah anda tersesat setiap hari? oleh karenanya matikan saja GPS apabila sedang tidak anda gunakan.
  4. Mengalihkan Koneksi
    Koneksi ponsel anda memang sangat harus diperhatikan, karena setiap detik ponsel selalu mencari sinyal terbaik dan alhasil baterai anda dapat terkuras banyak. Apabila pada pedesaan atau sedang terdapat sinyal 3G, alihkan saja ke 2G.
    Saat anda terdapat pada lokasi HotSpot, sebaiknya matikan koneksi selular Asus Zenfone 4 anda dan ganti koneksi anda dengan WiFi yang tersedia. Selain itu pada umumnya koneksi WiFi lebih cepat dibanding dengan koneksi selular, sehingga untuk digunakan browsingpun jauh lebih cepat dan mantap.
  5. Mematikan Fitur Auto-Sync
    Fitur Auto-Sync (Sinkronisasi secara otomatis) merupakan layanan yang digunakan untuk otomatis mengupdate/mensingkronkan aplikasi entah itu email, dll. Sebaiknya anda matikan untuk menghemat baterai anda, caranya mudah anda cukup menggulirkan kebawah Status Bar anda dan tap Auto-Sync pada Asus Zenfone 4 anda.
  6. Mengurangi Brightnes Layar
    Brightnes atau Kecerahan pada layar merupakan yang sangat banyak menguras isi baterai anda, carany juga cukup mudah. Cukup Gulir kebawah Status Bar anda, lalu geser dimmer kecerahan Asus Zenfone 4 anda, dan sesuaikan dengan kecerahan minimal anda bisa melihat layar ponsel anda dengan jelas.

    Usahakan jangan diatur otomatis, Hal ini akan mencegah Anda dari berbagai perangkat kecerahan berdasarkan tingkat cahaya ambient.
  7. Kurangi Volume serta matikan Getar pada Ponsel
    Hampir semua orang tahu bahwa fitur getar pada ponsel anda dapat menguras baterai, sehingga sebaiknya matikan fitur getar (vibrate) dan kurangi volume untuk lebih hemat baterai pada Asus Zenfone 4 anda.
  8. Tidak Menggunakan Live Wallpaper
    Live Wallpaper atau Wallpaper bergerak sangatlah menguras isi baterai anda, sehingga sebaiknya anda memilih wallpaper yang normal saja (tidak bergerak) dan pilih mana wallpaper yang sedikit bernuansa gelap.
  9. Jangan tutup Aplikasi dengan Tombol Home
    Banyak sekali orang yang pada saat menutup aplikasi hanya dengan menekan tombol "Home" padahal cara tersebut bukanlah cara yang tepat untuk menutup aplikasi. Aplikasi tersebut masih tetap berjalan di perangkat anda, dan sehingga secara tidak langsung menguras isi ponsel anda. Tutup lah aplikasi dengan sesuai prosedur, yaitu dengan menekan tombol "Back atau Kembali" sampai aplikasi tersebut tertutup.

Nah, irit tidaknya sebuah baterai pada ponsel tergantung pada penggunanya sendiri. Bila pemakaian yang tidak wajar dan tidk sesuia seperti yang dianjurkan maka baterai anda pun mungkin akan cepet habis dan alhasil anda harus rela menenteng Power-Bank pada kantong saku anda.

Sekian Cara Menghemat Baterai pada Ponsel Android Khususnya Asus Zenfone 4 ini semoga bermanfaat, Terima Kasih.