Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root dan Aplikasi

Semakin lama hp/ponsel yang anda gunakan terdapat kecenderungan penurunan performa Android anda sehingga hp android andapun sangat lelet. Besarnya RAM tak menjamin bahwa ponsel android anda akan bebas dari kata lelet, apabila anda menggunakannya tidak sesuai dengan pemakaian yang dianjurkan. Root dan segala macam cara lainnya merupakan cara yang bagus, namun perlu diperhatikan lagi, masih banyak cara yang dapat dilakukan tanpa susah payah anda mengopreknya. Nah berikut merupakan Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root dan Aplikasi yang telah kami rangkum dari berbagai sumber serta experience Full-Tekno.com.

  1. Non-Aktifkan Animasi Ponsel
    Animasi peralihan, Animasi jendela dialog, serta durasi animasi apabila di matikan setidaknya akan memberikan kesan ponsel anda tampak lebih kencang. Nah, caranya cukup dan sangatlah mudah, cukup masuk ke Pengaturan > Opsi Pengembang > Matikan ketiga animasi tersebut.


  2. Jangan Gunakan Live Wallpaper
    Live Wallpaper dalam berbagai kasus memang sangat di perlukan untuk di nonaktifkan seperti halnya saat menghemat baterai, itu karena live wallpaper sendiri memerlukan kinerja prosesor yang cukup menguras memori serta baterai. Nah, untuk menonaktifkannya silahkan bisa masuk ke Pengaturan > Tampilan > Wallpaper > pilih wallpaper yang standar artinya tidak bergerak.

  3. Buang Aplikasi yang tak perlu
    Banyak aplikasi tentunya akan menyumbang memori ponsel anda, menjalankan proses latar belakang serta file maupun yang tak terpakai (cache) akan membuat ponsel anda terasa lelet. Oleh karenanya kami sarankan agar anda meng-uninstall aplikasi yang sekiranya tidak anda butuhkan ataupun langka digunakan. Kalaupun memang tidak ingin mengunduhnya kembali, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti clean master untuk mencadangkan (backup) aplikasi tersebut. Agar nantinya saat dibutuhkan anda tinggal menginstallnya lagi secara cepat.

  4. Kurangi Jumlah Widget
    Widget secara real-time akan menggunakan proses latar belakang yang secara tidak langsung namun pasti akan menyedot banyak memori yang digunakan, sehingga ponsel android anda akan menjadi lelet. Sebaiknya anda kurangi jumlah widget anda pada homescreen layar android anda.
  5. Gunakan MicroSD yang handal
    Siapa yang tak menyangka, jikalau microSD juga berpengaruh terdapat kecepatan berponsel ria anda. Hal ini dikarenakan semakin cepat kelas micoSD maka semakin cepat pula ponsel anda saat membaca maupun menulis data ke dalam ponsel anda. Pilihlan microSD dengan kecepatan 6-10.
  6. Sinkronkan yan perlu saja
    Sinkronisasi lebih baik digunakan secukupnya saja, selain untuk menghemat baterai cara ini juga dapat menghemat proses latar belakang pada ponsel anda.
Sekian  Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root dan Aplikasi semoga bermanfaat, apabila kurang jelas. Artikel ini juga dipersembahkan kepada seluruh teman saya yang menggunakan ponsel android, sekian terimakasih.