Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Menjalankan Aplikasi atau Game dengan Lancar pada HP RAM Yang Sedikit

Atasi Lemot Android RAM Sedikit

Assalamualaikum, kali ini Full Tekno akan berbagi sebuah tutorial Cara Ampuh Menjalankan Aplikasi atau Game dengan Lancar pada HP RAM Yang Sedikit dimana tutorial ini mudah sekali untuk diterapkan, ide postingan ini karena masih banyak pengguna android yang saya liat terganggu oleh kapasitas RAM yang sedikit. RAM merupakan faktor besar yang sangat mempengaruhi kinerja sebuah smartphone, RAM yang sedikit berdampak pada kinerja smartphone yang menjadi lelet, ngelag, dan istilah lainnya.
Namun, sebenarnya hal itu bukanlah menjadi masalah apabila anda melakukan tutorial ini...
  • Jangan Gunakan Live Wallpaper dan Animasi lainnya
    Jangan berani-berani anda menggunakan Live Wallpaper sedangkan ponsel anda sendiri kekurangan ruang pada RAM anda, pasalnya live wallpaper (red: Wallpaper hidup) di Android sendiri sangat menguras banyak RAM serta juga baterai, bila tidak menggunakannya anda juga toh berhemat baterai. Selain itu disarankan pula jangan menggunakan widget yang berlebihan pada HomeScreen anda.
  • Pindahkan Aplikasi ke micro SDApa pengaruhnya dengan RAM? Setidaknya cara ini menjadi cara yang efektif untuk meminimalisir kelambatan proses smartphone android anda bekerja. Memori Internal yang penuh menjadikan kinerja semakin melambat, bila anda menggunakan hp samsung anda bisa menggunakan aplikasi sebagai pihak ketiga seperti App2Sd, dll.
  • Gunakan Aplikasi Sleep App/Hibernasi/Freze/Greenify/dll
    Apabila diantara ketiga cara diatas, semuanya masih lambat, ada dua cara di bawah ini. Aplikasi Sleep App, penghibernasi aplikasi bisa menjadi alternatif. Jalannya aplikasi dilatar belakang menjadikan proses semakin menumpuk dan menjadikan prosesor smartphone anda kewalahan dan menjadikan lelet, oleh karenanya disarankan untuk anda menghibernasi aplikasi yang sekiranya penting namun tidak digunakan waktu itu. Artinya tetap aplikasi penting yang anda hibernasi, namun anda menghibernasikannya karena tidak digunakaan pada saat itu. Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Greenify, Titanium Backup, dll.

  • Set Run App menjadi minimal 4 aplikasi
    Saya beri tahu terlebih dahulu, Langkah ini menyebabkan beberapa aplikasi latar belakang menjadi tertutup paksa (Force Close). Namun cara ini terbukti efektif untuk menghindarkan smartphone anda dari lelet. Dengan meminimalisir aplikasi background menjadi 4 aplikasi saja, maka RAM yang digunakanpun semakin sedikit, sehingga sisa ruang yang ada bisa digunakan untuk aplikasi lainnya. Sejauh yang saya rasakan, dengan menggunakan cara ini tak ada efek yang ditimbulkan kecuali Force Close aplikasi namun hal itu bisa dengan mudah kita terima, toh tinggal buka lagi. Namun Force Close jarang juga terjadi. Untuk meminimalkan aplikasi running background menjadi 4 (empat), caranya mudah lakukan petunjuk seperti ini: Buka Pengaturan pada ponsel Android anda, Lalu masuk ke "Opsi Pengembang" (Developer Options), Lalu sentuh "Batas Latar Belakang"
Bila anda mengikuti tutorial dan saran diatas bisa dipastikan ponsel anda bakalan bebas dari lemot, namun bila masih setidaknya kelambatan pada ponsel anda sudah terkurangi