Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dampak Negatif dan Efek dari Upgrade OS Android

Tak mau ketinggalan jaman, salah satunya merupakan penyebab anda melakukan upgrading ponsel Android anda. Lalu, dibalik salah satu manfaatnya tersebut, ternyata upgrading juga mempunyai dampak yang cukup bagi anda. 
Upgrading yang tak resmi semakin menambah dampak dari upgrading manual, semisal dari Gingerbread (GB) anda upgrade ke Ice Cream Sandwich (ICS), dari ICS ke Jelly Bean (JB), dan seterusnya. Banyak sekali tutorial yang beredar di internet mengenai hal tersebut, nah langsung saja simak dampak negatif dari upgrading OS Android yang mungkin bisa menjadi pertimbangan anda kembali untuk memperbarui sistem operasi Android anda.

ilustrasi upgrade OS android


  1. Efek Hardware
    Kata siapa hardware tidak terpengaruh oleh sistem operasi yang anda update, pasalnya hardware dan software itu pada dasarnya bekerja beriringan. Memori misalnya, dengan upgrade tentu akan semakin memaksa memori anda. Dari yang semula bekerja dengan standart, kini memori anda akan bekerja dengan lebih dan lebih dari proses biasanya. Hal tersebut tentunya dapat memperpendek umur ponsel anda sendiri. Ditambah lagi dengan running apps yang kadang terinstall bersama proses upgrading, RAM menjadi penuh dan processing semakin lambat. selain memori, Prosesor juga akan bekerja ekstra dan mengakibatkan panasnya ponsel anda.
  2. Hardware yang tak bekerja
    Setelah anda mengupgrade OS Android anda, maka biasanya akan dikenal dengan adanya Bug. Nah bug tersebutlah yang kadang dapat terjadi pada hardware anda seperti, tidak bekerjanya Radio FM, Kamera flash yang tak nyala, dan lain-lain.
  3. Terkena Virus atau malware
    Virus dan malware dapat dengan mudah masuk kedalam hp anda ketika proses upgrading dilakukan. Hal itu dapat terjadi apabila emulator upgrade tidak aman dari virus.
  4. Terjadnya Force Close/Menutup paksa aplikasiBisa saja hal ini terjadi, dengan upgrading kadang terjadi ketidak cocokan antara aplikasi dengan sistem operasi anda.
  5. Baterai semakin borosDengan semakin banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang, maka semakin menambah kinera baterai anda, alhasil bateraipun semakin boros.
  6. dan masih banyak lagi
Oleh karenanya, sebaiknya saat anda ingin mengupgrade android sebelumnya anda harus belihat sepesifikasi dan komponen hp yang anda gunakan. Jangan sampai malah over, atau malah dibawah bisa jadi smartphone anda menjadi tidak optimal. Lebih utama lagi, kami sarankan untuk upgrade melalui versi resmi saja dari produsen ponsel anda. Karena dijamin sistem operasi yang resmi lebih baik dan stabil. Update OS bisa anda dapatkan dengan cara, masuk ke-pengaturan, kemudian pilih tentang ponsel, kemudian tap Update Sistem, selanjutnya klik Perbarui sistem

Nah, lebih baik anda pertimbangkan dulu sebelum anda memperbarui sistem operasi anda. Bisa jadi yang anda update malah lebih buruk dari sebelumnya. Sekian