Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Daftar Negara dengan Tarif Pulsa Tertinggi dan Terendah

Smartphone dan pulsa merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Bisa dibilang pulsa merupakan hal wajib yang harus dimiliki setiap smartphone karena smartphone tak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, jika tak memiliki pulsa.

Yang menarik, tarif pulsa yang digunakan setiap orang tiap bulannya tidak ada yang sama. Jika pulsa yang digunakan tiap orang saja berbeda, bagaimana dengan tarif pulsa setiap negara, apakah sama atau justru berbeda?

Kenyataannya, tarif pulsa setiap negara berbeda-beda, ada yang menggunakan tarif tinggi, ada pula yang menggunakan tarif yang rendah. Berikut pembahasannya.


Dikutip dari ITU, negara dengan tarif pulsa tertinggi atau termahal adalah Malawi. Penduduk Malawi menghabiskan sekitar $12.000 setiap bulannya untuk membayar tarif pulsa mereka setiap bulannya.

Dengan tarif pulsa yang mereka bayarkan tersebut, bisa dibilang penduduk Malawi menghabiskan sebagian besar pendapatan mereka (sekitar 56.29%) setiap bulannya hanya untuk membayar tarif pulsa yang mereka gunakan.

Posisi kedua negara yang memiliki tarif pulsa tertinggi adalah Madagaskar (52.55%), diikuti Republik Afrika Tengah (51.63%) di tempat ketiga.

Di sisi lain, negara dengan tarif pulsa terendah adalah Makau (Tiongkok). Dimana penduduknya menghabiskan 0.11% pendapatannya untuk tarif pulsa setiap bulannya. Diikuti Hongkong (0.18%) dan Denmark (0.19%).