Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Hanya India, di Indonesia Harga Samsung Galaxy J1 Juga Kemahalan

Awal tahun 2015 lalu, Samsung merilis smartphone teranyar Samsung Galaxy J1, yang merupakan smartphone perdana dari seri J di India. Galaxy J1 termasuk kelas entry level yang ditawarkan dengan harga yang murah $115.

Namun, para pelanggan Samsung di negara tersebut mengklaim bahwa harga tersebut ‘kemahalan’ untuk sebuah smartphone entry level karena masih banyak smartphone entry level lainnya dengan spesifikasi sama namun ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah daripada Galaxy J1.



Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata yang terjadi di India tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Di tanah air, Samsung Galaxy J1 dibanderol seharga Rp. 1.500.000,00. Jika melirik spesifikasi yang diusungnya, performa Galaxy J1 masih dibawah smartphone Android One. Jelas harga tersebut kemahalan, mengingat smartphone Android One berbanderol di bawah Rp.1.3 jutaan.

Samsung Galaxy J1 ini menghadirkan layar sentuh 4.3 inchi, resolusi WVGA 480x800 pixels. Untuk OSnya sendiri, Galaxy J1 masih menggunakan Android 4.4. KitKat. Selain itu, performa Galaxy J1 didukung oleh prosesor Dual Core ARM Cortex-A7 dengan clockspeed 1.2GHz.

Selebihnya, Samsung Galaxy J1 menawarkan memori RAM 512MB, memori internal 4GB plus microSD sampai dengan 128GB, kamera utama 5MP, kamera selfie 2MP, baterai 1850mAh, serta beberapa fitur tambahan seperti WiFi, Bluetooth, Dual SIM dan GPS.

Dengan spesifikasi tersebut, mampukah Samsung Galaxy J1 bersaing dengan smartphone Android kelas entry level lainnya yang jelas-jelas ditawarkan dengan harga yang jauh lebih murah?