Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Xiaomi Redmi Note vs ZTE Blade Vec Pro, Pilih yang Mana ya?

Sudah nyaris hampir dalam kurun waktu 6 bulan, ponsel fenomenal Xiaomi menguasai pasar ponsel pintar berharga murah di Indonesia. Selama itu pula Xiaomi menjadi salah satu brand teranyar yang langsung menerobos penjualan tertinggi di tanah air.

Tren yang membaik membuat produsen asal Tiongkok ini kembali memproduksi series Xiaomi lain. Kali ini dalam bentuk phablet berlabel. Xiaomi Redmi Note Phablet. Namun, Redmi Note rupanya mendapatkan saingan ketat dari ZTE Blade Vec Pro Phablet.

Anda yang bingung memilih diantara keduanya. Kami rangkum 3 perbandingan utama terkait prosessor, software, dan tentu harga keduanya.
Redmi Note nyaris memiliki kesamaan tampilan dengan versi ponsel. Namun layar IPS Retina Display dengan resolusi 720 x 1280 pixels dan besar 5.5 inci cukup membuat perbedaan. Ditambah, beragam sensor aktif yang dibenamkan membuat gambar sangat tajam dan jernih.

ZTE Blade Vec Pro tak kalah mumpuni dengan IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors berukuran 5.0 inci. dengan resolusi 720 x 1280 pixels. Secara tipis Redmi Note unggul dalam layar.

Sedikit mengejutkan dan mengecewakan adalah software yang dipakai Redmi Note. Android 4.2.2 (Jelly Bean) menjadi andalan. Yah, sistem operasi ini memang bahkan lebih rendah dibandingkan versi ponselnya.
Namun kelihaian pabrikan tiongkok dalam mengkonfigurasi MUI membuat Redmi Note seakan memiliki kecanggihan yang sebanding dengan Apple. Lain halnya dengan ZTE Blade Vec Pro yang sudah membenamkan OS Android OS, v4.4.2 (KitKat). Cepat, responsif, dan sederhana. Redmi Note harus mengakui ZTE Blade unggul dalam kemutakhiran OS.

Prosessor adalah hal terpenting berikutnya. Xiaomi tahu benar hal ini. Hasilnya Chipset: Mediatek MT6592; Prosesor Octa Core 1.7 GHzARM Cortex A7 dibenamkan ke dalam Redmi Note. Melengkapi RAM 2GB yang sudah lebih dulu setel.

Plus, GPU Mali 450 MP4 mengakomodir penyimpanan sebesar 8GB. Semua disokong oleh kinerja Baterai Li-Po3200mAh. ZTE Blade Vec Pro terkesan kewalahan. Didukung oleh CPU MediaTek MT6592 dengan Octa-core 1,4GHz. 

Kapasitasnya hanya disokong oleh Litium baterai sebesar 2200 mAh. Tentu jauh di bawah jangkauan Redmi Note. Dan dengan perbandingan harga Rp 2,2 juta untuk Redmi dan 2,5 bagi ZTE Blade. Xiaomi masih layak menjadi pemenang.