Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Music Streaming Apa Plus Minus-nya?

Semakin berkemangnya dunia digital di Indonesia, mendorong para perusahaan maupun startup untuk melakukan inovasi baru yang akan memudahkan para pengguna dengan hal yang menarik. Berbagai perangkat pintar seperti laptop, PC, tablet, smartphone, serta gadget lainnya hadir dengan fitur-fitur yang menjadi ciri khasnya masing-masing. Seperti halnya entertainment (hiburan), video dan audio menjadi hal yang sangat utama.
Ilustrasi | img src: google.com thumbnail


Sekarang ini, bukan hanya video saja yang sudah memanfaatkan internet sebaga layanan streaming. Namun segmen pasar juga kini telah merambat ke bisnis audio, yang kini dinamakan Music Streaming. Berbagai layanan music streaming telah terdapat, seperti Guvera, MelOn, Mix Radio, Langit musik, Deezer, dll. Pertanyaannya adalah apakah kelebihan dan kekurangan layanan tersebut dilihat dari segi produktifitasnya? Baik mari kita simak ulasan berikut mengenai Music Streaming Apa Plus Minus-nya?
Dimulai dari kelebihannya terlebih dahulu,
  • Mudah
    Tentunya mudah, dengan hadirnya aplikasi streaming musik di perangkat mobile Anda akan memudahkan dalam mendengarkan musik. Layaknya pemutar musik offline lainnya.
  • Sangat lengkap
    Begitu lengkapnya koleksi musik pada layanan streaming. Anda dapat memilih genre, artist, hingga tema musik secara selera dengan mudah tanpa terbatas memori seperti halnya musik offline.
  • Kesempatan untuk mendengarkan musik terbaru
    Dengan layanan musik yang online, secara realtime juga akan lebih update daripada koleksi musik offline Anda.
  • Legal
    Anda akan dapat mendengarkan musik secara legal, asli dari Album original si artist.
  • Dapat membeli royalti musik secara resmi
    Biasanya, layanan musik streaming juga telah terhubung dengan produser musik resmi. Serta terdapat layanan untuk membelinya. Sehingga Anda dapat membelinya dengan royalti resmi, dan dapat mendukung kelanjutan kreativitas musisi yang Anda favoritkan.
Kemudian, apa kekurangannya?
  • Harus terhubung ke jaringan
    Karena layanan streaming merupakan layanan internet, maka untuk mengaksesnya Anda harus terhubung ke jaringan saat Anda ingin mendengarkan musik. Selain itu, kuota internet Anda juga akan sering terkuras.

  • Lebih boros daya
    Pada dasarnya layanan musik streaming membutuhkan koneksi internet dan juga data, alhasil smartphone akan membutuhkan daya yang lebih daripada saat memutar musik offline.

  • Tidak dapat menyimpan, serta memutar pada mode offline
    Karena kelegalan musik, Anda harus membelinya terlebih dahulu sebelum bisa dinikmati secara offline.
Begitulah, tentunya setiap hal pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan. Baik buruknya tergantung kebijaksanaan Anda menggunakannya.