Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Headset/Earphone yang Terkena Air

Kerap kali bagi Anda pengguna gadget yang sering menggunakan perangkat headset maupun earphone lupa untuk menjaga perangkat dari kontak langsung dengan air. Tidak heran, memang aktivitas manusia tidak bisa dijauhkan dengan air. Saat hujan, terkena air tanpa terduga, bahkan lupa ketika perangkat elektronik masih dalam saku baju dan akhirnya dicuci, serta hal-hal lainnya yang tanpa disengaja dapat merusak earphone dengan air. Nah, hal itulah kemudian yang dapat menjadikan perangkat Anda rusak bila tidak ditangani dengan benar. 

Earphone kebanyakan dipasaran dijual dengan tanpa dukungan untuk menahan air, hanya bberapa earphone yang memang telah mengantongi sertifkat uji lolos air. Kebanyakan eaphone mahal-lah yang memiliki fitur tersebut, dan membutuhkan kocek yang besar pula untuk kita. Seperti halnya earphone keluaran Sony, Beats, dll.

cara mengatasi hedset yang terkena air
Ilustrasi - www.full-tekno.com

 Beragam kerusakan dapat terjadi pada earphone kita apabila terkena air. Dari mulai konslet, suara menjadi tak terdengar, dan dapat juga tidak dapat berfungsi total. Sangat terasa sayang sekali apabila barang yang kita beli hanya rusak dalam beberapa detik kontak dengan air. Nah, lalu bagaimana caranya untuk mengatasi hal tersebut? Nah, simak beberapa tips dari Full-Tekno untuk Anda.

Cara Mengatasi Headset/Earphone yang Terkena Air

  • Pastikan jangan gunakan terlebih dahulu earphone yang masih basah.
    Jangan tancapkan pada perangkat elektronik yang mengandung daya, seperti ponsel Anda. Hal ini untuk mencegah terjadinya konslet.
  • Langkah yang kedua adalah mengeringkan earphone
    Gunakan hairdryer untuk mengeringkannya, atau dengan cara sederhana menjemurnya di panas terik matahari.
  • Agar kondisi earphone kering maksimal, Anda boleh untuk melepas aksesoris earphone yang dapat kita lepas. Seperti halnya earbud, dll. Jangan coba-coba untuk melepas body kepala earphone, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.
  • Apabila dirasa telah kering, silahkan Anda boleh coba earphone Anda untuk diperdengarkan.
    Nah, saat mencobanya, jika dirasa belum seperti keadaan semula, Anda bisa mengeringkan kembali. Jangan tunggu sampai lama, langsung bisa Anda lakukan langkah pengeringan.
  • Gunakan hairdryer kembali, apabila dirasa belum, Anda bisa dengan mengubur headset/earphone kedalam beras.
Beberapa tips diatas dapat Anda lakukan dengan benar, dan semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila eaprhone yang telah tercelup kedalam air tersebut tak juga kunjung dapat berfungsi, Anda bisa membawanya ke tukang servis atau Anda dapat menukarnya dengan yang baru. Sekian, semoga bermanfaat.