Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Youtube Error Gagal Muat Video

Assalamualaikum, kali ini Full-tekno akan berbagi sebuah tutorial yakni untuk mengatasi aplikasi Youtube yang ada pada android galat saat  digunakan maupun akan dibuka untuk memutar video. Youtube sudah menjadi kebutuhan semi-primer bagi kebanyakan pengguna gadget di dunia, kebutuhan akan audio-visual serta hiburan, informasi, pengetahuanlah yang menjadi faktor lain. Semakin banyaknya aktivitas yang dilakukan dengan Youtube, terkadang membuat aplikasi ini bisa menjadi crash dan error ketika digunakan.

Youtube on Exodus ROM

Crash pada Youtube serig terjadi saat membuka link dari aplikasi lainnya, search yang berjalan lamban, sering buffer walaupun jaringan bagus, video lambat merespon, dll. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut merupakan beberapa tutorial yang dapat Anda lakukan :

  1. Hapus Cache Aplikasi
    Langkah ini bisa Anda lakukan dengan masuk ke pengaturan ponsel, kemudian pilih tab aplikasi lalu pilihlah aplikasi Youtube. Setelah itu pilihlah hapus cache/tembolok. Lalu buka aplikasi youtube kembali apakah masih Error, apabila masih juga ditemui error silahkan lanjut ke tutorial 2.

  2. Re-Start aplikasi
    Caranya adalah dengan masuk ke menu yang sama seperti cara pertama, namun apabila dicara pertama memilih hapus cache. Pada langkah kedua ini silahkan Anda pilih "Paksa Berhenti" Lalu secara paksa aplikasi Youtube akan berhenti bekerja, silahkan Anda buka aplikasi Youtube di menu aplikasi. Apabila masih Error juga ikuti langkah ketiga.

  3. Update aplikasi
    Terkadang penyebab aplikasi crash adalah versi dari aplikasi tersebut, apabila sudah waktunya diupdate Anda harus lakukan langkah tersebut. Perlu diketahui update aplikasi bukan hanya berpengaruh pada tampilan aplikasi saja, namun juga pembenahan bugs atau error aplikasi.
    Silahkan bisa update Youtube melalui aplikasi Play Store.

  4. Un-Install aplikasi
    Apabila masih membandel, silahkan Un-Install aplikasi Yotube Anda. Setelah un-install aplikasi, silahkan bisa untuk reboot smartphone Android Anda.
    Kemudian dalam beberapa momen, install kembali aplikasi Youtube melalui Play Store. Apabila aplikas Youtube di ponsel Anda termasuk ke dalam aplikasi sistem, pilih untinstall update. Atau juga apabila Anda sebagai root user, bisa untuinstall aplikasi secara paksa melalui root explorer.

  5. Clear dalvik & cache partisi
    Langkah ini terbukti ampuh, namun cukup merepotkan bagi Anda yang belum root ponselnya. Cukup dengan masuk ke recovery mode, pilih Wipe Cache Partition, kemudian masuk ke menu advanced, pilih Wipe Dalvik Cache. Kemudian Reboot system, coba aplikasi. apabila masih error juga, silahkan wipe data dan install atau bisa install custom rom. 

Sekian Tutorial atau Cara Mengatasi Youtube Error Gagal Muat Video, semoga bermanfaat bagi Anda. Bila kurang jelas atau terdapat kendala silahkan bisa berkomentar.