Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Upgrade Kartu SIM dari 3G ke 4G Indosat Ooredoo

Assalamualaikum, kali ini Full-Tekno akan berbagi sebuah informasi mengenai cara upgrade kartu Indosat Ooredoo dari SIM Card biasa ke SIM Card yang sudah mendukung 4G. Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat saat ini, kita tidak boleh ketinggalan akan hal itu. Walaupun minimal dengan kita mengetahui apa yang sedang hot ataupun trending topic sudah cukup, karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) begitu sangat cepat saat ini. 

Begitu juga dengan teknologi konektifitas selular atau yang biasa disebut dengan jaringan operasi ponsel, dari yang semula hanya bisa untuk digunakan akses telpon dan sms, kini jaringan ponsel terutama GSM dan CDMA telah merambah ke jaringan data. Dari yang semula memiliki kecepatan ratusan kb, berubah ke ribuan mb, dan sekarang ke jutaan mb.

Cara Upgrade Kartu SIM dari 3G ke 4G Indosat Ooredoo
logo indosat ooredoo

Begitlah perubahan yang terjadi pada jaringan, 2G, 3G HSDPA/HSUPA, dan paling anyar saat ini 4G LTE. Berbagai operator selular saat ini sedang gencar-gencarnya merombak spesifikasi jaringan mereka, dari yang semula hampir sudah merata dengan 3Gnya. Saat ini operator seluler seperti Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL, Smartfren, serta lainnya sudah memulai target untuk mengcover seluruh wilayah yang ada di Indonesia ini.

Namun, ada sebuah syarat ataupun keharusan yang dimiliki oleh konsumen/pelanggan yang ingin menikmati jaringan super cepat ini. Yakni mereka harus memiliki Handset atau gadget yang sudah mendukung jaringan tersebut (red: 4G LTE), dan yang tak kalah penting adalah SIM Card mereka harus sudah mendukung penerimaan sinyal dari BTS 4G di wilayah terdekat. Kali ini Full-Tekno akan membuat sebuah tutorial yakni meng-upgrade kartu sim dari yang semula (red: biasa) ke kartu SIM Indosat yang terbaru (sudah mendukung 4G LTE).

Untuk memperbarui kartu sim tersebut, tidak bisa dilakukan oleh kita sendiri. Karena yang akan diperbarui bukan data-data ataupun pengaturan yang ada di SIM Card, namun komponen yang ada di SIM Card sendiri, oleh karenanya berikut merupakan uraian Cara Upgrade Kartu SIM dari 3G ke 4G Indosat Ooredoo

  • Pergilah ke Galeri Indosat Ooredoo terdekat
  • Ambil nomor antrian untuk customer sercise/pelayanan
  • Setelah nomor Anda dipanggil, pergilah ke counter yang disebutkan. Tunjukkan nomor antrian Anda.
  • Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus mempunyai tanda pengenal berupa KTP, jika Anda belum mempunyainya ataupun tidak membawanya Anda akan percuma, karena tanpa kartu pengenal KTP tersebut Anda akan ditolak mentah-mentah oleh CS Indosat.
  • Syarat tersebut atas peraturan kementrian teknologi saat ini dimana harus memiliki identitas yang jelas saat pengurusan kartu SIM.
  • Tunjukkan KTP
  • Sampikan ke CS bahwa Anda ingin mengupgrade Kartu SIM 3G ke 4G.
  • Anda akan dimintai tanda tangan persetujuan
  • Setelah itu Anda akan diminta untuk melepas kartu SIM Anda dari ponsel dan diberikan kepada CS.
  • Kartu Anda akan dipatahkan, atau dirusak hal itu sangatlah wajar agar kartu Anda tidak bisa digunakan oleh orang lain atau disalahgunakan.
  • Tunggulah beberapa saat, hingga CS menyalin data-data Anda ke Kartu SIM baru.
  • Anda akan diberikan sebuah kartu SIM baru, dan selamat Kartu SIM Anda kini sudah dapat digunakan untuk mengakses jaringan 4G LTE.
Begitu simpel dan mudah bukan untuk memperbarui atau mengupgrade kartu SIM Anda dari jaringan 3G ke 4G, dari tutorial diatas dapat kita ketahui ada beberapa yang perlu Anda garis bawahi 
  • Bawalah KTP
  • Tak lupa bawalah ponsel serta Kartu SIM
  • Dari proses upgrade yang telah saya lakukan, tidak dipungut biaya sepeserpun dari hal ini.
    Tentunya hal ini mengacu pada peraturan yang berlaku di Indosat Ooredoo.
Nah, sekian Cara Upgrade Kartu SIM dari 3G ke 4G Indosat Ooredoo semoga bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk dibagikan apabila kurang jelas bisa isikan komentar di kolom bawah. Terimakasih