Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Setting Android untuk Pemula

Tidak ada yang salah menjadi pengguna novice Android, alias pemula yang menggunakan smartphone Android, karena tidak akan ada yang pertama kalau saja Anda tidak pernah mencoba. Nah, agar level Anda dapat meningkat, yaitu tidak lagi menjadi pemula, sebaiknya Anda pun harus menambah informasi dari berbagai sumber untuk memperoleh informasi lengkap mengenai cara mengoperasikan dan cara setting android untuk pemula sehingga Anda pun dapat mengoperasikan smartphone Anda dengan lebih maksimal. Mengutak-atik ponsel secara mandiri untuk mengetahui seluk-beluk pengoperasian dan lainnya mungkin menyenangkan, tetapi bisa saja terjadi hal fatal, misalnya saja, Anda salah mengoperasikan dan mengakibatkan ponsel Anda rusak. Oleh sebab itu, sebelum menjajal berbagai aplikasi yang tersimpan di smartphone Android Anda, ada baiknya mengetahui beberapa informasi penting terkait dengan hal-hal mendasar terlebih dahulu. 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyesuaikan bahasa pada Android dengan bahasa ibu yang biasa Anda gunakan. Cara setting Android untuk pemula terkait dengan penggunaan bahasa cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

  • Masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih Bahasa & Input, atau apabila menggunakan bahasa Inggris, maka masuk ke menu Setting, dan pilih Language & Input.

  • Setelah memilik opsi Language & Input, akan tersedia berbagai bahasa yang dapat Anda pilih sesuai dengan kehendak, misalnya saja Bahasa Indonesia. 

  • Nah, tidak perlu me-restart ponsel Android Anda, bahasa di smartphone Anda pun sudah berganti menjadi bahasa Indonesia. Tidak sulit, bukan?


Selain mengetahui cara setting Android untuk pemula terkait dengan pemilihan bahasa, Anda pun sebaiknya membentengi ponsel Anda dengan aman untuk menghindari gangguan dari tangan-tangan jahil milik teman-teman Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kode sandi atau password, untuk mulai mengoperasikan ponsel Anda. Tidak perlu ragu-ragu, Anda dapat memanfaatkan fitur face unlock yang tertanam pada ponsel untuk menyandi ponsel Anda dari orang yang tidak bertanggung jawab. Nah, Anda pun tidak perlu khawatir lagi dengan proteksi keamanan yang digunakan pada ponsel Anda.