Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membersihkan Bloatware dan Sisa Install dengan Windows 10 Refresh Tool

Mempunyai masalah dengan komputer Anda? Ketika anda menguninstall aplikasi atau software di  perangkat komputer windows seringkali menjadi masalah tersendiri karena kadang software tersebut masih menyisakan file-file junk atau sampah yang membuat komputer Anda menjadi semakin berat.
Anda harus melakukan langkah-langkah reset yang ribet. Namun Microsoft membuat hal ini menjadi sangat mudah dilakukan di sistem operasi teranyarnya yaitu Windows 10 dengan penambahan fungsi fitur “reset this PC” opsi di bagian recovery di tab Update & Security settings.

Mereset PC akan menghapus data Anda dan mengembalikan komputer ke kondisi seperti pertama kali dihidupkan. Tapi hal tersebut sangat berbeda dengan meng install ulang komputer Anda secara sendiri atau tukang servis yang menggunakan BIOS, karena PC Anda masih akan tetap memuat atau berisi software yang sebelumnya telah diinstal.


Tampilan awal ketika akan menginstall Windws 10 Refresh Tool
Walaupun Refresh tool ini masih dalam tahap review, namun apabila Anda berminat untuk mencoba dan menjalankan Windows 10 Preview Build 14367 atau selebihnya, Anda dapat mendownload tool ini dan mencobanya. Link

Sebelumnya ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai tool ini, diantaranya


  • Saat mengoperasikan Refresh tool ini pastikan Anda telah membackup segala hal yang menurut Anda penting sebelum mengoperasikannya.
  • Sebetulnya tool ini cukup memiliki size yang kecil, namun akan mengunduh 3GB file .iso, jadi pastikan Anda memiliki bandwidth yang cukup dan sebelum memulainya, pastikan Anda memiliki space yang cukup.
  • Tersedia dalam Inggris, Cina, dan Jepang.
  • Sebelum menginstall aplikasi ini silahkan Anda bisa baca rule nya terlebih dahulu.
Dalam oenggunaan tool ini tentunya Microsoft tidak bertangung jawab tentang kehilangan segala file termasuk tidak dapat memberikan jaminan terhadap lisensi program yang telah Anda dapatkan. Oleh karena itu berhati-hatilah. Semoga tool ini dapat bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah sisa install yang menggangu dan file merugikan lainnya.