Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuka Aplikasi Yang Disembunyikan Android

Hallo Assalamualaikum
Kali ini full-Tekno Akan berbagi sebuah artikel berisi tutorial untuk membuka Aplikasi yang disembunyikan. Sering kali kita menemui sebuah smartphone dengan beberapa aplikasi, terdapat notifikasi di scroll bar/status bar tetapi tidak ada wujud aplikasinya di app drawer/Launcher. Sebenarnya kalau yang menyembunyikan kalian sendiri sih rasanya kalian sudah tahu sendiri kenapa aplikasi tersebut disembunyikan. Tujuan author’s menulis artikel ini adalah untuk membantu kalian atau orang lain yang kesusahan untuk membukanya, be positive aja ya, artikel ini bukan bertujuan membantu para penguntit atau pencuri yang berniat jelek pada seseorang. Tetapi lebih dikhususkan untuk membuka handphone seseorang yang dalam keadaan darurat pada pemiliknya (ex: kecelakaan, meninggal, dll) atau untuk keperluan penelusuran hukum.

Lalu bagaimana cara Membuka Aplikasi Yang Disembunyikan?

First Step adalah ketahui terlebih dahulu aplikasi tersebut disembunyikan dengan metode bagaimana, pertama adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga (third-party), atau dengan aplikasi bawaan sistem Android.

Menyembunyikan dengan mengunakan aplikasi (aplikasi yang bertugas menyembunyikan aplikasi lainnya)

Aplikasi ini bisa didapatkan dengan mudah di Play Store, nah ciri-ciri smartphone yang menggunakan aplikasi ini adalah terdapatnya aplikasi bernuansa privasi di app drawer Anda. Biasanya kala Anda membuka aplikasi tersebut, Anda akan diminta untuk memasukan Password/Kata Sandi, maupun pola. Apabila Anda mengetahuinya, silahkan dibuka saja, masuk ke pengaturan dan ubah pengaturan untuk menampilkan aplikasi yang tersembunyi. Namun apabila Anda tidak mengetahuinya, Anda bisa menuju ke pengaturan aplikasi. Kemudian un-Intsall saja aplikasi tersebut. Lalu lihat, apakah aplikasi yang disembunyikan sudah muncul di app drawer/Launcher. Apabila belum, silahkan Anda reboot Smartphone Anda. Jikalau masih belum muncul, silahkan install kembali aplkasi yang sama persis dengan yang Anda hapus tadi di PlayStore. Kemudian buka app tersebut dan masuklah menggunakan kata sandi Anda sendiri (buat password kamu sendiri), dan lihat pada tab menu menyembunyikan aplikasi, dan hilangkan centang hidden di aplikasi tersebut.

cara membuka aplikasi yang tersembunyi
contoh hidden app bawaan

Menyembunyikan dengan aplikasi bawaan Sistem Android

Pada beberapa smartphone memiliki pengaturan ini, dan tentu saja menggunakan aplikasi bawaan sistem juga lebih sulit untuk membukanya. Apabila anda tidak mengetahui kata sandi sang empunya, yang Anda lakukan adalah untuk Flash Ulang atau Wipe Data. Tapi,.. apabila tipe aplikasi yang disembunyikan bertipe aplikasi Pembuka, Chatting, Sharing. Anda bisa melakukan pancingan. Untuk aplikasi pembuka, Anda bisa ‘memancingnya’ dengan membuka tipe file yang disediakan aplikasi. Semisal Anda ingin membuka aplikasi viewer photo, maka buka file foto di Pembuka berkas selanjutnya pilih ‘buka dengan’ pilihlah menggunakan aplikasi yang di hidden tersebut. Begitu juga dengan aplikasi pembuka lain seperi musik, video, dll.

Lalu untuk aplikasi chatting, Anda bisa memancing menggunakan kontak nomor handphone, misal whatsapp akan tertulis “hubungi dengan whatsapp” disana. Selain kontak juga dapat dengan menggunakan fitur sharing. Seperti halnya jika Anda ingin membagikan sebuah foto ke teman, buka galeri lalu klik bagikan/share dengan, pilih aplikasi yang dimaksud.
Nah dengan trik pancingan tersebut, Anda bisa membuka aplikasi yang disembunyikan dengan sangat mudah. Cara ini juga bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ingat cara ini hanya bisa untuk membuka aplikasi yang hanya ‘Disembunyikan’ bukan “dikunci” . Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat