Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab HP tidak bisa Melakukan Panggilan Telfon

Kali ini Full-Tekno akan berbagi sebuah postingan tettang bagaimana cara mengatasi HP tidak bisa Melakukan Panggilan Telfon, gangguan ini tentunya sangt-sangat tidak diharapkan bagi para pengguna smartphone Android pada khususnya. Indikatornya adalah apabila saat ingin menelpon terdapat tulisan "Panggilan diakhiri" padahal pulsa mencukupi dan kondisi kartu perdana masih belum terkena masa tenggang.


Lalu, Bagaimana Mengatasinya
Terdapat beberapa penyebab kenapa ponsel tidak dapat memanggil, kalian harus mengetahui penyebab kompleksnya ya kawan.
Salah satunya adalah dengan mengingat-ingat apa yang kamu lakukan sebelum itu semua terjadi. Seperti menginstall aplikasi,
mengubah settingan peraturan, dll. Namun kai ini Full-tekno akan berbagi sebuah masalah umum yang sering menimpa


  1. Ponsel sedang dalam mode 4G ONLY dan data menyala
    Perlu kalian ketahui didalam smartphone masa kini yang sudah mendukung jaringan 4G/3G terdapat sebuah pengaturan khusus untuk hanya menggunakan salah satu jaringan di ponsel nya. Caranya adalah dengan mengakses pengaturan di smartphone, yaitu pada menu pengaturan jaringan.

    Kemudian untuk shortcut kode *#*#4636#*#* (kebanyakan merk ponsel bisa) dengan mengetikkan di papan tombol telfon, silahkan ubah
    Pengaturan dari LTE only/WCDA only menjadi WCDMA Preferred (rekomendasi). Nah langsung saja silahkan dicoba utuk menelpon.


    Nah selain itu juga pastikan Radio ponsel tidak dimatikan (dalam posisi menyala), karena jikalau radio dimatikan ponsel tdak bisa terhubung ke jaringan seluler.Caranya adalah dengan melihat juga ke *#*#4636#*#*

    Apabila masih belum bisa juga silahkan bisa mencoba alternatif lanjutan
  2. Jaringan lokal mengalami masalah
    Cobalah bertanya kepada pengguna operator selular lain yang sama dengan kamu, pastikan bahwa hal tersebut bukan hanya dialami oleh kamu.

    Apabila dimungkinkan silahkan bisa melapor kepada customer service provider kamu, melalui media sosial. Atau bisa mengunjungi perwakilan kantor di kotamu
  3. Cobalah untuk melakukan restart, dan cabut kartu sim, serta kartu memori eskternal. Hal ini bertujuan agar smartphone memulai kembali proses bootingnya. 
  4. Ganti dengan kartu SIM lain
    Cobalah untuk menganalisis letak dimana gangguan dengan cara mencoba menggunakan kartu SIM lain dan jikalau ternyata bisa, maka yang rusak adalah kartu SIM milik kamu. Silahkan kamu bisa langsung menuju ke Perwakilan kantor provider di kotamu untuk memperbaiki kartu tersebut.
  5. WIPE CACHE, DATA/FAVTORY RISET, FLASH ULANGApabila masih tidak bisa juga kamu bisa mencoba dengan melakukan wipe cache, factory reset, smartphone kamu.