Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Loading Aplikasi Google Maps Terbaru

Haloo kawanku, kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial yaitu untuk mempercepat waktu loading google maps. Bagi kalian insan yang senantiasa memakai aplikasi Google Maps untuk bekerja, untuk kesana-kemari mencari alamat, dan lokasi tempat. Tentunya aplikasi menjadi sangat penting bagi kalian. Bagaimana tidak, apabila ada masalah sekecil apapun itu akan mempengaruhi proses navigasi kalian. Dan tentunya amat sangat-sangat mengganggu kalian.

Nah maslah yang sering terjadi saat menggunakan Google Maps adalah proses lamanya untuk memuat peta (load maps) yang biasanya terjadi pada daerah yang baru Anda jelajahi seperti di kota baru. Meskipun kadang jaringan kamu secepat apapun, entah itu jaringan 4G LTE, 3G HSDPA HSPAP HSUPA, sebagus apapun hp kamu, kadang masalah ini biasanya terjadi. Full-Tekno memiliki beberapa tutorial untuk mengatasi masalah yang kamu alami ini.
Okelah kalau begitu, lanjut saja buat kalian mengikuti langkah langkah Cara Mempercepat Google Maps :

Kenapa Google Maps Lemot
cara Mempercepat Loading Google Maps

Nah, kita sudah mengesampingkan masalah-masalah jaringan. Kita anggap sudah clear, kita sudah pastikan jaringan smartphone kamu berada di area 3G/4G. Langkah yang pertama adalah


  1. Trik paling Vital : Download Peta Lokal Kamu
    Silahkan buka aplikai Google Maps kamu, selanjutnya slide side bar kamu ke kanan. Akan muncul beberapa menu seperti Tempat Anda, Kronologi, dst,.. scroll ke bawah sampai kamu menemukan tulisan Peta Offline. Ketuk opsi tersebut, kemudian akan ada tulisan “Pilih Peta Anda Sendiri” klik saja tulisan tersebut. Akan muncul sebuah kotak peta page Download maps, kalian bisa sesuaikan area tersebut, sebagaimana lokasi peta tersebut yang ingin kamu download. Apabila sudah pas, silahkan klik download peta tersebut. Untuk masalah kuota tenang saja, karena sudah tedapat informasi berapa byte data yang akan kamu download dibawah kotak tersebut. Setelah peta terdownload, coba saja untuk membuka tempat disekitar kamu (di area kotak tadi) apakah masih lelet atau tidak.
  2. Selalu aktifkan GPS
    Mengaktifkan GPS bukan hanya penting untuk keperluan melacak smartphone ketika hilang, namun untuk google maps juga cukup penting. Karena GPS selalu tracking, maka ketika kalian membutuhkan lokasi, Anda tidak perlu lama-lama untuk menunggu GPS Lock lokasi Anda. Sehingga loding google maps pun menjadi cepat.
  3. Jangan Force Close aplikasi Gmaps
    Saya sarankan jangan menutup paksa aplikasi google Maps (Force Close) karena selain berpengaruh ke waktu load yang nanti akan menjadi lama, karena aplikasi yang sengaja di force close, maka data, cache akan hilang. Google Maps juga akan membutuhkan data lagi, sehingga tentunya akan membuat kuota Anda semakin banyak tersedot.

Jika semuanya kalian sudah lakukan tapi masih lelet juga, oke selanjutnya pastikan RAM smartphone kamu cukup lega, dan pastikan jaringan smartphone kamu terhubung. Maksud terhubung disini adalah smartphone kamu dapat terhubung, dapat melakukan PING ke server google, maupun lain.
Oiya apabila opsi pengaturan diatas tidak terdapat, maka silahkan kalian update terlebih dahulu aplikasi Google Maps kamu di Google Play Store.

Nah begitulah, sekian tips trik mengena Cara Mempercepat Google Maps . Semoga bermanfaat untuk kalian para driver go/grab yang lagi menjamur. Jangan lupa rate +plus ya,terimakasih. Kalau ada yang salah/kurang silahkan berkomentar!.