Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Si Kontributor, Editornya Google Maps

Assalamualaikum, kali ini Full-Tekno akan berbagi sebuah tutorial untuk Menjadi Kontributor Google Maps. Secara singkat Kontributor GMaps yaitu orang yang bertugas sebagai editor peta online milik Google yang biasa disebut Google Maps. Sebelum melangkah jauh kesana, alangkah baiknya kita mencari tahu apasih itu kontributor Google Maps secara lengkap.

Apasih Kontributor Google Maps itu?

Jadi, layanan google maps merupakan sebuah layanan peta online yang berisikan gambar hasil dari citra satelit Google.

Terdapat beberapa keterangan peta seperti halnya pada peta cetak konvensional, namun bedanya Google Maps bersistem online yang diusahakan untuk selalu up-to-date. Jadi setiap perubahan yang terjadi di lapangan harus segera diperbaiki/diupdate langsung. Apapun itu seperti penamaan tempat, detail tempat, sampai dengan tempat-tempat umum yang tercantum di Google Maps harus memiliki info yang rinci, benar, dan tentunya lengkap. Google Map selain juga berfungsi untuk menjadi peta, namun juga sebagai basis data google untuk memberikan detail informasi tempat
ketika Anda mencari nama sebuah alamat di pencarian Google.

Semisal saja Anda mencari rumah makan “Prasojo” di Jogyakarta, Google otomatis akan mencarikan informasi mengenai rumah makan tersebut. Google akan mencari mengenai nomor telfon, menu makanan, fasilitas, jam kunjung, bahkan ketersediaan untuk penyandang disabilitas, dsb.
Nah informasi tersebutlah yang nantinya akan dimasukan/diinput oleh kontributor.
Gimana sih cara menjadi kontributor Google Maps
Tab Kontribusi Anda

Cara Menjadi Kontributor Google Maps
Kontributor Google Maps

Menjadi kontributor itu tidaklah mendapat imbalan layaknya bekerja kantoran, atau to the point “kotributor dibayar oleh google”, menjadi kontributor lebih ke arah menjadi seorang relawan sosial untuk membantu memberikan informasi kepada orang lain tentang seuatu tempat. Jangan jikalau
Google sedang berbaik hati, kadang mereka memberikan reward kepada kita sebagai tanda terimakasih kepada kontributor. Seperti voucher belanja di toko online,voucher google Play, dll. Dalam kontributor tersendiri terdapat tingkatan level, yaitu dari level 1 terendah sampai keatasnya lagi. Nah reward itulah yang akan diberikan saat naik level kontributor.  

Lalu Bagaimana cara utuk menjadi Kontributor Google Maps:


Nah untuk menjadi seorang Kontributor Google, silahkan lakukan tutorial berikut ini :

  1. Silahkan Anda install/update aplikasi Google Maps terbaru melalui Play Store. Karena pada versi-versi sebelumnya, belum tercantum fitur kontributor.
  2. Kemudian setelah terupdate, silahkan buka aplikasi Google Maps Anda. Pada aplikasi, silahkan Anda bisa swipe ke kanan untuk membuka menu sidebar kiri.
  3. Kemudian pilih opsi "Kontribusi Anda"
  4. Nah di opsi tersebutlah Halaman Kontributor Anda akan terbuka. Anda bisa mengedit, menambahi ulasan tempat, foto tempat, menjawab pertanyaan singkat, dll.

Namun, sebelum Anda memberikan/melengkapi informasi pastikan bahwa Anda sudah pernah mengunjunginya, dan pastikan bahwa data yang Anda input itu benar. Sebab data Anda nantinya akan menjadi acuan google dalam memberikan informasi kepada pengguna Google Maps. Nah, begitu mudah bukan untuk menjadi si kontributor Google Maps. Silahkan tingkatkan level kontribusi Anda. Agar Anda mendapatkan berbagai bonus dari Google*
Semoga bermanfaat, Wassalamualaikum.