Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Powerbank Error, Indikator Tidak Sesuai

Powerbank Error indikator baterai tidak sesuai dengan aslinya – Powerbank sudah menjadi kebutuhan penunjang bagi kalian kaum smartphone yang memiliki aktifitas sibuk, serta kalian yang berkecimpung di dalam dunia kerja berbasis ponsel pintar ini. Ya selain karena kemampuan menyimpan daya untuk disalurkan ke gadget Anda, tak lain juga karena powerbank yang bersifat tranportable bisa dibawa kemana-kemana sembari mengisi ulang baterai kamu.

Begitu pentingnya powerbank, terutama dikala situasi kita tidak berada di dalam ruangan yang tidak memiliki sumber daya listrik, ataupun ditempat outdoor sekalipun. Kembali saya pernah mengalami sebuah peristiwa dimana powerbank saya satu-satunya, mengalami sebuah malfunction atau biasa kita sebut dengan istilah Error.
powerbank xiaomi slim 

Powerbank yang saya gunakan adalah Xiaomi Mi Power yang memiliki kapasitas 5000 mAh versi slim. Error yang terjadi adalah disaat sedang saya hubungkan untuk mengecharge hp saya, powerbank saya secara cepat kehabisan baterai. Dari indikator atau lampu ke empat sampai dengan lampu pertama, hilang begitu saja dayanya dalam sekitar 5 menit. Apa yang terjadi dengan powerbank saya? Apakah rusak? Disaat yang dibutuhkan malah terjadi Error. 

Kemudian saya teringat saat saya charge powerbank saya tersebut, memang terasa lebih cepat, yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-3 jam. Waktu hanya membutuhkan waktu kurang dari 60 menit. Yang terpikirkan saya adalah sejak kapan powerbank ini memiliki spesifikasi fast charge, yang ada dibenak saya. Ternyata yang terjadi adalah kapasitas yang ada di powerbank itupun ternyata palsu, alias tidak sesuai dengan lampu indikator yang nyala tersebut.

Sempat saya pikir powerbank saya sudah rusak, tak bisa terselamatkan. Namun setelah saya charge ulang, menggunakan charger original One Plus One. Dengan spesifikasi outpout 5V, powerbank saya kembali mengisi kapasitas baterainya dengan waktu penuh sekitar 2,5 jam. Setelah itu saya coba kembali, dan akhirnya powerbank saya dapat normal kembali seperti semula. Jadi conclusion dari permasalahan ini adalah menggunakan charger original dan berkualitas untuk mengecharge powerbank. Karena yang saya gunakan sewaktu powerbank tersebut menjadi error adalah kepala charger yang katanya ori, saya beli di lapak sebelah, hingga akhirnya saya berani menyimpulkan bahwa charger tersebut bukanlah original seperti yang dituliskan.