Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error Sederhana di Samsung Galaxy Edge 6 7

Cara Mengatasi Error Sederhana di Samsung Galaxy Edge – Jadi begini ceritanya, pada suatu ketika teman saya seorang pengguna smartphone Android bermerk Korea, inggih punika Samsung model Galaxy Edge mengalami sebuah kejadian tak terduga. Yaitu ponselnya tidak bisa digunakan untuk berinternetan atau mengakses data, hal itu dikarenakan pengaturan Langganan Internet (data Subscription) yang tidak bisa berganti channel pengaturan. Dari 4G/3G atau ke 2G, dengan alasan masih terdapat pengiriman data yang tidak bisa ditangguhkan.

Kemudian, saya tanyakan kepada teman saya apa yang sebelumnya ia lakukan. Yang menyebabkan flagship samsungnya itu menjadi error. Asal muasalnya ternyata gara-gara dia kehabisan kuota, dia ingin mengirimkan pesan multimedia (MMS) ke seseorang yang mungkin pacarnya. Setelah mengirim MMS ke pacarnya, ternyata MMS yang ia kirim tersebut gagal. Akhirnya dihapuslah MMS tersebut.
Samsung Galaxy Edge 7

Karena history dari MMS tersebut telah ia hapus, saya bingung harus mulai darimana menyelesaikan permasalahan ini. Saya telusuri setiap jengkal pengaturan di Smatphone high-end ini, tak satupun sukses mengakhri error ini. Cringg seketika saya mendapatkan sebuah ide. Yaitu untuk restart HP tersebut, simple banget ide saya. Namun untuk memastikan akhirnya saya menanyakan pertanyaan terakhir kepada dia, “Sudahkah kau restart HandHeld Samsung Galaxy Edge ini?”. Jawab dia “Belum we” dengan logat jawa dia menjawab. Nah, langsung saja setelah itu saya lakukan Reboot atau istilahnya Mulai Ulang di bahasa Indonesia.

Beberapa menit berlalu, akhirnya Galaxy Edge tersebut sudah dalam posisi stand by. Saya buka pengaturan data subscriptionnya. Taraa akhirnya error tersebut telah hilang, dan data pun sudah bisa dinyalakan kembali, dengan jaringan 4G/3G maupun 2G. Dan sukses dapat mengarungi dunia internet dengan cepat pula.

Dari Kesimpulan masalah diatas, bahwa telah terjadi Error sederhana. Mungkin ini termasuk ke dalam error yang dikarenakan memori jangka pendek ponsel, memori temporer atau cache sistem yang mengakibatkan settingan MMS tersebut “menyangkut” masih nyantel didalam perintah terbaru ponsel. Sehingga masih dianggap mengirimkan MMS, pada akhirnya data subscription (pengauran data langganan) memberikan respon bahwa sedang terjadi pengiriman data, alhasil pengaturan jaringan tidak dapat dirubah ataupun disesuaikan.

Dalam mengatasi hal-hal sepele demikian, khususnya bagi pengguna smartphone High-End, jangan gegabah terlebih dahulu. Harga smartphone kalian mahal, jaminan kualitas dari produsen tentunya adalah sebuah kewajiban bagi mereka. Oleh karenanya mereka tidak sembarangan, Sistem Operasi pada ponsel high-end tentunya lebih stabil, jarang ditemukan bug, sudah didesain sedemikian rupa untuk menghindari error. Maka dari itu, bila terjadi suatu masalah, lakukan langkah yang mudah terlebih dahulu, salah satunya seperti Restart Ponsel. Tidak usah bawa ke service center, apalagi tukang service di pinggir jalan itu, bisa-bisa kita jadi sasaran empuk orang ‘nakal’. 
Nah, sekian tulisan kali ini sebagai pengalaman gadget geeks. Semoga bermanfaat, sampaikan pendapatmu di komentar. Terima kasih