Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mode Picture-in-Picture Youtube di HP Android Biasa

Cara Picture-in-Picture Youtube - Apa itu Picture-in-Picture Youtube? Banyak dari kita tidak mengetahui apa itu picture-in-picture atau biasa disebut PiP, tetapi sebenarnya kita tahu apa maksud dari Pip ini sendiri. Coba kalian bisa melihat gambar dibawah ini, sudah paham bukan apa yang dimaksud dengan Picture In Picture PIP Youtube.

Cara Mode Picture-in-Picture Youtube di HP Android Biasa
Mode Picture-in-Picture Youtube 

Screesnhot tersebut saya ambil dari smartphone saya
Sekarang ini banyak smartphone flaghship keren yang sudah menyertakan fitur ini sebagai sesuatu yang unggulan dibawakannya. Sebenarnya dalam sistem operasi Android terbaru, yaitu Android O “Oreo”. Lalu bagaimana dengan pengguna ponsel yang notabennya belum mendukung secara built-in fitur ini, serta ponsel Android yang belum update ke sistem android oreo tersebut. Ponsel saya sendiri sebenarnya juga belum saya update ke Android terbaru yaitu versi O.
Pertanyaannya, kenapa ponsel saya bisa? Sudah penasaran kan? Nah langsung saja berikut ini tutorialnya.

Picture-in-picture yang saya gunakan disini adalah dengan menggunakan aplikasi third-party atau aplikasi pihak ketiga, alias bukan bawaan dari sistem yang saya miliki seperti Android O. Yapp, aplikasi tersebut adalah OG Youtube. Lalu bagaimana cara memilikinya?

ikon Picture-in-Picture

  1. Pertama buka link berikut ini https://og-youtube.com/official-og-youtube-downloader-apk/ (Adalah link untuk membuka laman og youtube dan mendownloadnya)
  2. Kemudian scroll down kebawah disana ada tulisan untuk for non-rooted user, for rooted user, for xposed user. 
  3. Untuk kalian yang belum root ponsel, atau tidak mau ribet, kalian dianjurkan untuk download for non-rooted user.
  4. Setelah berhasil download, silahkan install aplikasi tersebut secara manual. Jadi kalian harus menon aktifkan pencekalan pemasangan di pengaturan. (Sumber tidak dikenal)
  5. Setelah terinstall, biasanya kalian akan dimintai untuk menginstall Add-on yaitu aplikasi microG for OGYT. Download saja aplikasi tersebut, setalah itu install seperti biasa.
  6. Kemudian buka aplikasi OG-Youtube 
  7. Cari video kotak pencarian, seperti halnya menonton youtube seperti biasa.
  8. Untuk memulai Picture-in-Picture, kamu bisa melihat dipojok kanan bawah video, ada ikon kotak, nah bisa diklik saja ikon tersebut.
  9. Setelah itu kalian akan masuk secara otomatis mode Picture-in-Picture Youtube, kamu bisa membuk aplikasi apa saja sambil melihat Youtube. Selain itu juga kamu bisa mendengarkan Youtube tanpa menutupnya dengan background yang ada dibawah video.
Mudah bukan tutorial untuk melakukan mode Picture-in-Picture mode di ponsel Android yang notabennya tadi bukan merupakan flasghsip keren ataupun dengan OS terbaru Android O Oreo.
Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat.