Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Charger HP Berbau Gosong? Ganti Segera dan Ini Penyebabnya

Kenapa Charger HP Berbau Gosong – Charger merupakan bagian terpenting buat HP kita, apa jadinya coba kalau Smartphone kita kehilangan charger, dan tanpa powerbank. Bila Baterainya sudah habis, tamatlah riwayat ponsel kita. Begitulah kira-kira curhatan kebanyakan pengguna ponsel saat ini.

Kepala Charger yang biasa digunakan oleh kita berfungsi untuk menyesuaikan arus dari AC ke DC atau dari arus bolak-balik ke arus searah, dan menyesuaikan muatan tegangan arusnya, beserta kuat arus, agar sesuai dengan spesifikasi komponen input isi ulang smartphone kita. Meskipun saat ini soket colokan charge pada setiap ponsel sama, kebnayakan sudah disediakan oleh pabrikan ponsel langsung di dalam kardus. Walaupun tipe usb nya sama, belum tentu spesifikasinya sama, seperti yang telah saya jelaskan diatas.
penyebab charger berbau gosong
hati-hati charger bau gosong

Oke, masalah yang pernah saya jumpai dan mungkin orang lain jumpai juga adalah charger yang berbau gosong seperti layaknya benda terbakar. Bau yang dihasilkan ini walaupun sedikit tapi cukup bisa membuat rasa tak enak di hidung. Alhasil menimbulkan sebuah kekhawatiran bagi kita pengguna charger tersebut. Apasih sebab dari bau gosong tersebut? Sebab jelasnya sih relatif dari charger masing-masing. Tapi asumsi yang mungkin adalah, terjadinya korsletting di dalam kepala charger, komponen yang tidak kuat dengan panas, kemudian terjadinya arus pendek antara stop kontak dengan kaki kepala charger.

Semua penyebab-penyebab tersebut janganlah dianggap sepele, karena dapat menimbulkan percikan api, sampai dapat mempengaruhi baterai dan smartphone kita, terbakarnya charger, sampai yang paling parah hp kamu bisa meledak. Nah, sudah tahu kan bahaya nya bila charger kalian berbau gosong. 

Jika sudah terjadi, maka lebih baik cabut segera charger kamu. Saya sarankan untuk menggantinya dengan kepala charger original dari merk handphone kamu. Jangan coba-coba untuk memperbaiki sendiri, kecuali jika kamu seorang teknisi dan mengerti komponen-komponen charger secara detail. Karena kesalahan spesifikasi komponsen bisa sangat berpengaruh pada smartphone kita. Kalian pasti pernah, disaat menggunakan charger lain ke ponsel, tiba-tiba layar ponsel tidak responsif, sering mencet-mencet sendiri, hp menjadi error, lambat, dan lain-lain. Oleh karena itu lebih baik gunakan charger original sesuai versi yang dibawa oleh pabrik. Sekian tulisan ini semoga bermanfaat, terima kasih.