Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa WiFi Tethering Error Tidak terdeteksi

Kenapa WiFi Tethering Error Tidak terdeteksi- Memiliki router wifi pada jaman sekarang ini semudah dengan memiliki smartphone, tidak seperti jaman dahulu sebelum era smartphone android ada. Orang yang ingin memiliki jaringan WiFi diharuskan memiliki router wifi khusus, yang ungkin harganya ratusan ribu rupiah. Namun sekarang dengan menggunakan smartphone dengan harga paling murah pun sudah bisa menggunakan layanan wifi tethering.

Cara setup nya pun mudah, sediakan kartu perdana yang memiliki kuota dan paket data, nyalakan pengaturan tethering di ponsel atau tambatan ponsel, ganti nama Wifi kasih password, sudah jadilah jaringan Wifi mandiri kamu. Berbeda dengan router, Anda diharuskan menyambungkan dengan kabel jaringan, setting pengaturan, memasukkan alamat ip, dan sebagainya. Sampai akhirnya baru bisa menikmati jaringan Wifi. Memang, menggunakan wifi router tentunya lebih bagus daripada tehthering handphone, selain daerah coverage yang luas, kecepatan spesifikasi transferpun tentunya berbeda tergantung hardware spesifikasi handphone kamu, tap biasanya tidak lebih dari spesifikasi yang ada pada Wifi Router.
Kenapa WiFi Tethering Error Tidak terdeteksi
Sinyal WiFi

Dalam Wifi Tethering juga terkadang menjumpai bebrapa masalah, yaitu disaat kita sudah menghidupkan pengaturan unttuk mengaktifkan Wifi tethering, tetapi pada informasi jaringan Wifi tidak tersedia adanya Wifi yang kamu nyalakan. Saya pernah mengalami hal tersebut disaat-saat momen yang bisa di bilang cukup penting. Saya coba dengan menyalakan-matikan secara berulang, tetapi tidak ada hasilnya, tetap saja Wifi tethering saja tidak terdeteksi. Sudah saya pikir hardware WiFi pada smartphone saya rusak, harus diganti. 

Namun saya teringat, mungkin saja sistem smartphone saya sedang error  saat itu. Hingga akhirnya saya lakukan proses rebooting/restart.menghidupkan kembali smartphone untuk memastikan bahwa yang error adalah sistemnya, dan ternyata memang, yang sedang error adalah sistem ponsel saya. Okelah untuk lebih jelasnya berikut saya uraikan poin-poin yang bisa kalian lakukan jika ponsel kalian mengalami error sedemikian seperti saya.

Wifi Tethering Error

  • Langkah pertama, pastikan bahwa panel on/off Wifi tethering kamu dalam posisi nyala.
  • Bila Wifi tethering telah nyala, tunggu dulu sebentar mungkin 10-20 detik untuk menunggu jaringan Wifi tethering ponsel kamu terdeteksi.
  • Bila memang tidak terdeteksi, lakukanlah proses restart/reboot atau nyalakan ulang ponsel. Karena proses ini dapat menghapus memori jangka pendek ponsel yang kadang menjadikan ponsel error.
  • Setelah proses restart selesai, coba pastkan bahwa wifi tethering kamu bisa dibuka dan terdeteksi di laptop.
  • Apabila masih belum terdeteksi juga, apabila ponsel kamu masih terdaftar garansi. Sangat dianjurkan sekali untuk membawa ke Service Center. Karena kalau Anda nekat melakukan langkah-langkah selanjutnya seperti flash ulang, root, dsb. Sudah dipastikan garansi akan menjadi hilang.
  • Langkah selanjutnya ini mungkin Anda sudah tahu, adalah melakukan factory reset. Tanpa root pun sebenarnya bisa, yatu dengan menu di pengaturan.
  • Apabila masih tidak bisa juga, cobalah untuk flash ulang ponsel Anda, dengan melihat tutorial di internet ataupun melakukan di tukang service. Apabila masih belum bisa juga

Solusi terakhir hanya membawanya ke tukang service ataupun service center, sudah dipastikan mungkin hardware handphone kamu yang rusak.
Semoga saja tidak, nah begitulah kawan, semoga Kenapa WiFi Thetering Error Tidak terdeteksi
Bermanfaat, dan membantu. Jangan lupa like, komen dan subscribe channel youtube kami.