Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Legalkah Mendownload Musik dari Youtube

Mendownload musik dari Yotube? bukankah sudah menjadi sebuah kebiasaan bagi kita penikmat musik gratis yang bisa dengan mudah mendengarnya dari website multimedia paling ramai sejagad ini. Pernah nggak sih kita terbesit dan berpikir bahwa musik yang kita download ini termasuk musik yang legal kita nikmati atau tidak. Kalau iya, berarti kita sama. Setelah mencari-cari informasi, dan mengamati website yang berkaitan (Youtube). Akhirnya Full-Tekno menemukan jawaban dari pertanyaan klasik tersebut.

Sebenarnya dilema untuk mengatakan jawaban sebenarnya karena, jawabannya adalah bisa iya-bisa tidak. Kenapa bisa? Karena Google sebagai pemilik dan pengelola dari Youtube sendiri tidak memberikan pernyataan resmi bagaimana video yang didownload tersebut legal dan apabila melanggar akan dikenai sanksi. Untuk lebih jelasnya berikut kami jabarkan alasan-alasan logis yang mendukung jawaban tersebut.


Bisa disebut sebagai musik legal, yang pertama adalah karena pengunggah (uploader) musik tersebut adalah channel dari rumah produksi rekaman itu sendiri dan atau bisa juga musisi itu sendiri. Pengunggah Youtube tentunya pasti telah mengetahui apabila ia unggah video mereka di Youtube sudah bukan rahasia lagi pasti akan ada banyak yang akan mengunduh (mendownloadnya), tidak ada alasan untuk tidak mengetahuinya karena praktik pegunduhan (download) ini sudah berlangsung sangat lama. Kita tahu ada banyak layanan-layanan pengunduhan, seperti keepvid,  savefrom, youtube mp3, dsb.

Kemudian, pengunggah dari video musik tersebut juga akan mendapatkan pendapatan dari iklan yang ada. Begitu banyak orang yang menonton video tersebut, apabila terdapat video musik yang ditonton 1.000.000 penayangan dengan cpm yang tinggi maka sudah dapat mendapatkan penghasilan yang cukup. Terakhir, apalabila mendownload konten dari Youtube lebih khususnya musik dilarang, kenapa tidak adanya kampanye dari pihak label rekaman atau Youtube sendiri untuk mengajak pengguna internet akan hal buruk tersebut. Padahal hal ini sudah bukan rahasia lagi, saya yakin CEO Youtube pasti mengetahui ini, dan seolah membiarkan hal ini terjadi secara tidak langsung "why" dan melegalkan hal ini terjadi.
Lantas dengan alasan-alasan diatas kenapa masih bisa dianggap tidak legal? berikut alasannya
Berikut merupakan Term of Service dari Youtube

Content is provided to you AS IS. You may access Content for your information and personal use solely as intended through the provided functionality of the Service and as permitted under these Terms of Service. You shall not download any Content unless you see a “download” or similar link displayed by YouTube on the Service for that Content. You shall not copy, reproduce, make available online or electronically transmit, publish, adapt, distribute, transmit, broadcast, display, sell, license, or otherwise exploit any Content for any other purposes without the prior written consent of YouTube or the respective licensors of the Content. YouTube and its licensors reserve all rights not expressly granted in and to the Service and the Content.

Dalam ToS tersebut dijelaskan bahwa tidak diperbolehkan untuk mengunduh konten video yang berada di Youtube terkecuali kalian melihat tulisan download yang disediakan youtube atau uploader (youtuber) dalam bentuk link yang terlihat di kolom deskripsi atau sebagainya.

Kedua, Music Video dari musisi berlabel rekaman kebanyakan menerapkan copyright. Dengan menguduhnya, sama dengan mengcopy file tersebut tanpa seizin musisi tentunya melanggar hak cipta. Selanjutnya pemilik lagu tersebut juga selalu mempromosikan agar selalu membeli lagu tersebut di layanan musik seperti iTunes, Spotify, dan lainnya. Apabila legal kenapa tidak disediakan saja tombol download di video tersebut. Kemudian terdapatnya license dari studio rekaman tersebut, apakah kalian mengamati di kolom bawah deskripsi video tersebut, license Youtube biasanya adalah Standart license Youtube. Namun apabila video music tersebut copyrightnya maka akan terlihat nama dari perusahaan yang memberikan license tersebut.

Diatas adalah kumpulan dari fakta-fakta dari Youtube di lapangan, jawabannya adalah kembali kita melihat dari sisi mana. Langkah selanjutnya adalah dari Google Youtube akankah mereka lebih condong ke melegalkan kegiatan tersebut atau dengan melarang dengan mengkampanyekan untuk tidak mengunduh musik dan konten copyright lain yang ada di Youtube.

Komentar kalian selalu kami tunggu

Satrio Budi Prasojo, Mahasiswa S1 Manaj. Informasi dan Komunikasi. STMM MMTC Yogyakarta