Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Backpackeran Murah ke Bandung dari Jogja 2D1N

Hallo guys, kali ini Full-Tekno akan sedikit melenceng dari pembahasan blog biasanya. Karena aktivitas admin yang kini agak jauh dari dunia teknologi, admin akan bercerita tentang kisah backpacking ke Bandung dari Jogja namun tetap ada sisi gadget disini, yaitu pemanfaatan kemampuan kita mencari promo dan gratisan yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi berbasis online yaitu Traveloka, Airy, dan Grab. Saya pergi bersama seorang teman, sehingga kami berdua dan total cost perjalanan yang telah kami lakukan pun dibagi menjadi dua orang dan kurang lebih Rp 400.000 untuk masing-masing orang.

Kawasan jalan Asia-Afrika by Full-Tekno

Untuk masalah biaya, murah? Mahal? menurut perspektif kami total cost yang kami dapat tersebut cukup murah, karena yang kami dapatkan dari backpacker 3 hari 3 malam, dengan 2 hari 1 malam nya di Bandung cukup memberikan hal yang nyaman. Rincian waktu yang kami lalui adalah

• Day 1 (perjalanan) Siang berangkat dari Jogja
  • Night 1 Sampai di Bandung tengah malam (menginap di stasiun)
  • Day 2 (explore) Jalan Asia-afrika, Braga, Balaikota, Paris van Java mall.
  • Night 2 check in hotel
  • Day 3 (explore dan perjalanan) Museum Geologi, Taman Lansia, Gazibu, dan Museum Gedung Sate. Kemudian dilanjutkan perjalanan ke Kiaracondong stasiun dan berangkat ke jogja sore hari.
  • Night 3 Sampai di jogja kembali

Jadi, perhitungannya kita berada di bandung 2 hari dengan 1 malam. Untuk backpacker pemula seperti kami, yang ingin merasakan bagaimana down to earth tapi juga ingin tidak terlalu capek :) kami lebih memilih sebuah hotel pada umumnya, artinya bukan hotel dengan ranjang bertingkat dan berbagi dengan banyak orang, dengan mencari kesana-kemari hingga kita menemukan hotel yang tepat dengan jauh-jauh hari (mungkin seminggu) sebelum keberangkatan yaitu dengan airy room.

Untuk penginapan, kebetulan sekali waktu itu kita mendapatkan sebuah voucher hotel dari local guides untuk menginap sebesarRp 150.000 untuk kamar dengan harga apapun kecuali airy eco, harga hotel yang kami dapatkan adalah sekitar Rp 241.000,- untuk satu malam. Namun dengan menggunakan voucher tersebut kita hanya butuh membayar Rp 91.000,- dengan melalui transfer saat booking. Benar-benar sangat meringankan biaya perjalanan kami.

Untuk transportasi, dimulai dengan perjalanan ke Bandung, kmai menggunakan kereta Pasundan 179 dengan biaya sebsesar Rp 94.000, sebenarnya ada kereta yang lebih murah lagi yaitu kereta Kahuripan dengan harga Rp 84.000,- namun sayang sekali H-7 tiket menuju ke Bandung sudah laris dibeli oleh banyak orang. Namun untuk pulang ke Jogja kita berhasil mendapatkan tiket kereta murah Rp 84.000 tersebut. Total biaya perjalanan kereta kami sebesar Rp 178.000/orang

Kemudian untuk transportasi disana, 70 % kita menggunakan transportasi online dan saat berjalan kita hanya sebesar 30 %. Diluar rencana kami memang, untuk lebih banyak berjalan kaki daripada naik kendaraan. Hal itu karena disebabkan kondisi badan yang kurang fit, serta terdapat promo grab yang kenapa kita tidak menggunakannya saja? hehe. Promo yang saya gunakan adalah GRATISCOBA. Yaitu promo yang grab berikan pada pengguna grab baru, yang hanya dapat digunakan selama 2 hari dengan maksimal 2 perjalanan. kalo tidak salah voucher tersebut bernilai Rp 10.000. Karena saya tidak sering menggunakan grab di Jogja, kemudian saat saya melakukan perjalanan ke Bandung saya install dan saya manfaatkan kembali sebagai salah satu saving saya saat backpackeraan. Transportasi untuk grab, dengan potongan promo tersebut jika di total tidak sampai dengan Rp 50.000,-. Karena kami berdua, cost untuk tarsnportasi kita bagi dua, dibuat saja Rp 25.000.

Untuk tempat wisata, kebanyakan tempat wisata yang kami tuju adalah space public. Yang dikelola oleh Pemerintah Kota bandung, sehingga pun kami tidak perlu membayar. Sebut saja di kawasan Jalan Asia Afrika, Braga, Taman Balaikota, Gedung Sate, Gazibu, Musem Geologi Kalo tidak salah waktu itu Rp 3.000,-) benar-benar murah bukan. di Paris van Java Mall pun tidak diperkenankan biaya masuk, disana terdapat banyak fasilitas dari Bioskop sampai dengan ice skating pun ada. Cost wisata Rp 3.000-.

Siapa sih yang tak lapar, sebagai tujuan awal kita backpacker. Kita benar-benar ingin makan seadanya, saya lupa rinciannya. Namun tempat saya makan tidak berada di cafe atau restoran, dan kalopun iya itu cuman satu di Paris van Java mall karena sebuah keterpaksaan kelaparan. Menu kami selama di sana Cuangki (Rp 12.000), Nasi Timbel (11.000), Dominos Pizza (Rp 15.000), Seblak di PVJ (Rp 30.000), nasi goreng di stasiun kiara condong (Kurang lebih Rp 12.000), Bubur ayam alun-alun Bandung (Rp 15.000). Kalo saya jumlahkan Rp 95.000,- dengan sedikit kekhilafan dengan makan mahal yaitu bubur dan seblak di PVJ yang seharusnya bisa kami tekan biayanya, hehe.

Oke, semua total pengeluaran primer kita telah tercatat. Rp 91.000 untuk hotel, Rp 178.000 untuk kereta, Rp 25.000 transport di bandung, Rp 3.000 untuk tiket wisata, Rp 95.000 untuk biaya makan, maka apabila kita jumlah kita dapatkan Rp 392.000. Total Cost!

Lumayan bukan dengan durasi 2 hari 1 malam, kita bisa eksplor kota bandung dengan dari yang wisata gratisan sampai dengan menginap di hotel meskipun cuman sekelas airy standar. Sebenarnya total cost liburan tersebut masih dapat ditekan kembali hingga mungkin sekitar Rp 300.000,-.sehingga lebih bisa hemat lagi. Nah sekian! first trip info and experience dari Full-Tekno ini semoga bermanfaat, bila ada komentar dan pertanyaan silahkan tulis di bawah ya!