Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TeknoHack : 5 Tips Mempekerjakan Karyawan Part Time


Bagi sejumlah perusahaan, mempekerjakan karyawan paruh waktu adalah cara ideal untuk mendukung perkembangan bisnis. Strategi ini akan memperluas bisnis secara perlahan, terutama jika kondisi finansial perusahaan masih belum siap untuk berkomitmen dengan kewajiban yang harus dibayarkan untuk karyawan tetap atau penuh waktu.

Selain itu, mempekerjakan karyawan paruh waktu rupanya juga memiliki sejumlah manfaat. Antara lain, lebih efisien biaya, memberikan fleksibilitas kepada staf yang sudah ada, dan menyempurnakan tanggung jawab pekerjaan tertentu. Namun, merekrut karyawan paruh waktu kadang juga bisa rumit. Berikut tips yang bisa Anda pertimbangkan:


  1. Rencanakan tugas yang akan dikerjakan
    Cobalah untuk lebih realistis, apa tujuan dan harapan Anda ketika mempekerjakan karyawan paruh waktu? Atur rencana tugas dan tujuan yang harus dicapai selama proyek berlangsung menggunakan karyawan paruh waktu. Hal ini akan menjadi tolok ukur dan agenda kerja yang memudahkan semua pihak.

  2. Klasifikasi yang tepat
    Selaku perekrut, tim HR juga harus memahami apa klasifikasi atau status karyawan paruh waktu. Menurut Biro Statistik di Amerika Serikat, karyawan paruh waktu adalah pekerja yang bertugs 34 jam per minggu. Hal ini berkaitan dengan penghitungan upah karyawan, uang lembur, cuti, tunjangan serta potongan pajak PPH21.

  3. Mencari kandidat terbaik
    Mencari karyawan paruh waktu memang tidak terlalu sulit. Tetapi, apakah ia benar – benar dapat diandalkan? Tentu hal ini seharusnya menjadi prioritas. Anda dapat meminta referensi dari rekan terpercaya atau jaringan profesional yang bisa merekomendasikan individu berbakat dan cocok.


  4. Deskripsi pekerjaan dengan jelas
    Pekerjaan yang ditulis dengan detail dan jelas dapat mengurangi kesalahpahaman kontrak antara karyawan paruh waktu. Jelaskan secara rinci tingkat keterampilan dan pengalaman yang diperlukan dalam iklan lowongan kerja untuk mencegah calon kandidat yang tidak memenuhi syarat ikut melamar. Tekankan bahwa pekerjaan paruh waktu akan sangat penting dan dihargai dalam bisnis Anda.

  5. Menawarkan bayaran yang kompetitif
    Masalah upah, kualitas tentu akan sepadan dengan hak yang diberikan. Jika karyawan paruh waktu bisa bekerja dengan baik, kenaikan gaji bisa diberikan. Demikian pula dengan bonus, atau upah lembur, asuransi, dan tunjangan lainnya. Hal ini sangat tergantung pada kebijaksanaan tim HR selaku perwakilan perusahaan.


Menemukan karyawan paruh waktu yang hebat dapat menjadi tantangan. Tetapi, berbekal tips di atas, Anda bisa melalui proses rekrutmen dengan lebih mudah. Ingin pengelolaan SDM perusahaan lebih efektif dan efisien? Manfaatkan software HRIS terbaik dari LinovHR. 



LinovHR merupakan teknologi yang menerapkan HRIS untuk mendukung kinerja tim HR yang lebih produktif. Data karyawan, sistem payroll, hingga aplikasi HR, semua tersaji dalam software HRIS terbaik berbasis cloud yang fleksibel. Hubungi tim LinovHR untuk menunjang produktivitas bisnis Anda ke level selanjutnya.