Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Daftar Saham MNC Group yang Terpopuler di Indonesia

 


Menjadi salah satu perusahaan terkemuka di Indonesia, tak banyak yang tahu akan keberadaan perusahaan MNC Group ini. Mungkin sebagian mengetahui nama MNC Group dari TV kesayangan mereka yaitu dari MNC TV.

Namun kenyataannya, MNC Group memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari apa yang orang-orang biasa pikirkan. Dalam segi dunia pertelevisian, MNC Group menguasai empat saluran televisi sekaligus. Luar biasa bukan? Empat televisi tersebut ialah RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews TV.

 Hal ini biasa ditengarai saat MNC Group mendapat lisensi suatu kompetisi olahraga, beberapa dari keempat channel TV tersebut akan berbagi hak siar. MNC Group memang terlihat besar karena memiliki keempat stasiun TV, namun ketika dilihat lebih dekat, MNC Group akan terlihat jauh lebih besar lagi karena memiliki saham dari anak-anak perusahaannya.

Berikut daftar saham MNC group yang sedang dmiliki:

1.      PT Global Mediacom, Tbk (BMTR)

PT Global Mediacom Tbk (BMTR) adalah perusahaan induk yang berbasis di Indonesia dan juga salah satu daftar saham MNC Group. Perusahaan bergerak dalam bidang penyediaan media berbasis iklan. BMTR menawarkan televisi free-to-air(FTA), TV berbayar dan konten multimedia, serta portal online, surat kabar, majalah, radio dan layanan Internet broadband. MNC Group memiliki sebesar 52,10 persen saham. Sementara itu, publik dapat jatah 47,20 persen.

2.      PT Media Nusantara Citra, Tbk (MNCN)

PT Media Nusantara Citra Tbk adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang bergerak dalam industri media berbasis konten dan iklan terutama penyiaran saluran televisi. Melalui entitas anak, Perseroan mengoperasikan saluran televisi free-to-air (FTA), seperti RCTI, MNCTV dan GlobalTV, serta saluran televisi yang disiarkan di televisi berbayar.

Perusahaan ini juga bergerak dalam bisnis lain, yang terdiri dari radio, media cetak dan online, manajemen bakat dan rumah produksi. Anak perusahaannya termasuk PT Rajawali Citra Televisi Indonesia, PT Global Informasi Bermutu, PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia, PT MNC Networks, PT Okezone Indonesia, PT MNC Pictures dan PT Star Media Nusantara. Menjadi salah satu daftar saham milik MNC Group, sebesar 63,85 persen saham ini dikuasai Global Mediacom Tbk. Sementara itu, 36,06 persen untuk publik.

3.      PT MNC Investama Tbk (BHIT)

PT MNC Investama Tbk adalah perusahaan investasi yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak di industri media dan juga termasuk dalam daftar saham milik MNC Group.

Perusahaan ini mengklasifikasikan portofolionya menjadi empat sektor: media, jasa keuangan, properti dan investasi portofolio. Bisnis medianya, yang dikelola oleh PT Global Mediacom Tbk, terdiri dari media berbasis konten dan iklan, media berbasis pelanggan dan media online.

Bisnis jasa keuangannya, yang dikelola oleh PT MNC Kapital Indonesia Tbk, mencakup asuransi jiwa dan umum, pembiayaan konsumen, leasing dan anjak piutang, bank, perantara pedagang efek dan penjaminan emisi serta manajemen aset. Bisnis properti, yang terdiri dari investasi dan pengembangan properti serta pengembangan resor terpadu, dijalankan oleh PT MNC Land Tbk.

Investasi portofolionya terdiri dari investasi di sektor energi dan transportasi. 25,84 persen saham BHIT dipegang oleh HT Investment Development, Ltd. Sementara itu, Smart Empire Group Ltd memegang 11,76 persen, dan publik 34,42 persen.

4.      PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP)

PT MNC Kapital Indonesia Tbk adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang utamanya bergerak di industri jasa keuangan. Bisnisnya, yang dilakukan melalui anak perusahaannya, diklasifikasikan ke dalam tujuh divisi: MNC Life, MNC Insurance, MNC Finance, MNC Leasing, MNC Bank, MNC Securities, dan MNC Asset Management.

Menjadi salah satu dari daftar saham MNC Group, 70 persen saham MSIN dikuasai oleh MNCN. Sementara itu 29,99 persen untuk publik.

5.      PT MNC Land Tbk (KPIG)

PT MNC Land Tbk adalah perusahaan yang berbasis di Indonesia yang bergerak di bidang pengembangan dan pengelolaan resor dan hotel, dan juga salah satu daftar saham yang dimiliki oleh MNC Group. Bisnisnya diklasifikasikan ke dalam empat segmen: hotel, resor dan golf, penyewaan ruang kantor, apartemen serta keamanan dan layanan lainnya.

Properti resornya meliputi Nirwana Bali Resort, yang terletak di Bali, Indonesia, dan Lido Lakes Resort, yang terletak di Jawa Barat, Indonesia. Beberapa properti komersialnya adalah MNC Tower, MNC Plaza, High End, Ariobimo Sentral, Gedung SINDO, Wisma Indovision II.

Anak perusahaannya antara lain PT Bali Nirwana Resort, PT Lido Nirwana Parahyangan, PT GLD Property, PT Investasi Karya Gemilang, PT Swarna Citra Sentosa, PT Investasi Hasil Sejahtera dan PT Global Jasa Sejahtera. 18,57 persen saham KPIG dipegang oleh BHIT. Sementara itu, HT Investment memegang 10,41 persen dan publik 45,68 persen.

MNC Group merupakan salah satu perusahaan terkaya Indonesia yang tidak hanya menguasai saluran televisi yang tersohor, namun daftar saham MNC Group juga mencakup perusahaan-perusahaan lainnya yang cakupannya luas.