Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu ROE Saham dan Manfaatnya? Cek Di Sini!


 

Apakah Anda sudah tahu apa itu ROE saham? Setiap perusahaan memiliki tiga returnyang berbeda-beda, yakni return on assets (ROA), return on equitydan juga return on investment (ROI). Ketiga jenis return tersebut mempunyai peran dan fungsi yang berbeda.

Bagi seseorang yang berinvestasi saham, ROE merupakan jenis return yang paling menarik untuk diikuti. Tak jauh beda dengan jenis return yang sudah disebutkan bahwa perhitungan ROE merupakan aspek yang memungkinkan investor dapat mengetahui bagaimana kinerja perusahaan, apakah dalam kondisi yang bagus atau tidak.

Namun dalam penggunaannya, ROE lebih sering digunakan untuk mengetahui data perolehan laba bersih dengan modal perusahaan. Semakin besar, ROE saham, maka semakin bagus perusahaan mengelola modal yang mereka dapatkan. Bagi yang ingin berinvestasi, perhatian apa ROE secara lengkap berikut.

Pengertian ROE Saham (Return On Equity)

Dalam dunia bisnis dan ekonomi, ROE merupakan matriks yang dipakai untuk membandingkan jumlah pendapatan bersih suatu perusahaan dengan jumlah total modal investor dan pemilik di dalam perusahaan tersebut. Sedangkan di dunia saham, ROE dapat dilihat dengan menghitung jumlah pendapatan bersih perusahaan dibagi dana investor.

ROE merupakan satu unsur penting bagi yang ingin mengetahui sejauh mana perusahaan dapat mengelola permodalan dari investor yang berinvestasi. Jika ROE yang didapat perusahaan besar atau tinggi, maka reputasi perusahaan juga meningkat.

Pasalnya perusahaan terbukti mampu memanfaatkan modal yang masuk ke perusahaannya dengan baik. Begitu juga sebaliknya. Namun tidak selamanya ROE yang besar mengindikasikan jika perusahaan tersebut bagus untuk diinvestasikan.

Pasalnya masih banyak aspek dan unsur penting lain yang tidak boleh dikesampingkan begitu saja. Misalnya PER, PBV dan aspek penting mengenai perusahaan lainnya. Jadi wajar jika ROE saham bukan landasan satu-satunya saat ingin berinvestasi.

Manfaat Menggunakan ROE Pada Investasi

Setelah tahu dan paham apa itu ROE, kali ini di artikel ini bakal membahas mengenai betapa pentingnya pengaruh pemakaian ROE terhadap dunia investasi saham. Adapun manfaat menggunakan ROE sebagai berikut :

  1. Menunjukkan profitabilitas suatu perusahaan

Bagi seorang investor, ROE merupakan matriks paling mudah agar dapat mengetahui seberapa tinggi potensi perusahaan untuk menghasilkan laba di masa depan. Dengan bantuan return on equity, investor dapat mengambil kesimpulan profitabilitas saham dengan mudah, anti ribet dan tentunya cepat.

  1. Dijadikan sebagai dasar estimasi keuntungan bisnis

Seperti yang telah disebutkan bahwa ROE merupakan aspek penting dan tolok ukur paling efektif agar mengetahui bagaimana prospek bisnis perusahaan ke depannya. Jika perusahaan terbukti menghasilkan ROE saham minimal 1.0 atau bahkan lebih, di masa depan bisa saja tingkat return on equityyang diberikan lebih tinggi.

  1. Tahu bagaimana perkembangan perusahaan sari tahun ke tahun

ROE suatu perusahaan idealnya harus stabil atau terus berkembang di masa depan. Dengan tahu dan melihat grafik ROE dari tahun ke tahun, setiap investor dapat melihat bagaimana profil perusahaan dalam berbisnis di masa lalu. Apakah perusahaan dapat berkembang atau malah sebaliknya.

  1. Menunjukkan kredibilitas perusahaan

ROE saham juga menjadi faktor utama untuk mengetahui kredibilitas perusahaan saat mengelola modal yang ia terima. Jika return on equityyang dimiliki kecil, maka tandanya perusahaan tersebut tidak dapat memberi hasil profit yang besar. Bahkan setelah disuntikkan modal oleh investor.

Kini Anda sudah paham mengenai ROE sahamseperti apa. Sebelum berinvestasi di suatu emiten, usahakan memperhatikan ROE terlebih dahulu supaya perusahaan memberi profit seperti yang Anda inginkan.