Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis Pertanian yang Menghasilkan Cuan di Era Modern


Di Indonesia, sektor pertanian masih menjadi peluang bisnis yang terbilang cukup menjanjikan, lho. Tahukah Anda bisnis pertanian itu tidak sebatas bercocok tanam saja karena banyak sekali potensi yang didapat dari ide bisnis pertanian.


Bisnis pertanian selain menjanjikan, juga dapat dieksekusi di kota maupun desa. Jenis usaha yang berkaitan dengan pertanian banyak macamnya, dari yang tanpa modal hingga yang butuh modal besar. Ini dia 6 ide bisnis pertanian yang mudah dikerjakan dan bisa dimulai dengan minim modal.


1. Budidaya Pangan Organik


Dengan semakin banyak orang yang peduli akan kesehatan tubuh, kebutuhan sayur organik pun juga meningkat. Bisnis budidaya sayur atau buah organik pun bisa jadi ide bisnis pertanian yang potensial. Umumnya, bisnis ini memiliki target pasar menengah ke atas.


Sayur dan buah organik lebih terjamin kandungan vitaminnya ditambah lagi sayur organik juga bebas dari bahan pestisida. Sayur dan buah organik juga dari tampilan nya juga sangat segar. Dengan ide bisnis pertanian tanaman organik ini kamu akan meraup untung yang banyak!


2. Membuka Rumah Makan Organik


Ide bisnis pertanian satu ini cocok untuk kamu yang memiliki ketertarikan terhadap usaha kuliner dan pertanian. Hasil pertanian sayuran dan buah-buahan organik yang Anda jalankan dapat dimanfaatkan sebagai bahan masakan untuk rumah makan berbasis organik.


Membuka rumah makan berbasis organik juga dapat memberikan edukasi kepada masyarakat umum mengenai keunggulan panganan organik yang lebih sehat dan rasanya juga tak kalah lezat dengan jenis makanan lainnya.


3. Kios Alat Pertanian


Karena pekerjaan petani yang masih banyak digeluti di Indonesia, Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan membuka kios alat-alat pertanian. Dengan ide bisnis pertanian satu ini, Anda turut membantu keberlangsungan kegiatan pertanian di Indonesia.


Anda bisa menyediakan alat-alat, seperti mesin pertanian, bibit buah dan sayur, aneka pupuk, mesin pertanian, dan sebagainya. Permintaan akan alat-alat pertanian yang tinggi dapat meningkatkan potensi cuanmu juga dengan membuka kios alat pertanian.


4. Bisnis Tanaman Hias


Di masa pandemi yang membuat semua orang diam di rumah membuat banyak orang memiliki hobi baru, terutama mengumpulkan dan merawat tanaman hias. Beberapa bulan terakhir, tanamn hias menjadi sesuatu yang trendi. Maka ide bisnis pertanian ini pun menguntungkan.


Karena jangkauan pasar sangat luas, ide bisnis yang satu ini cukup membawa keuntungan yang sangat besar.  Selain untuk bercocok tanam, Anda dapat menjual tanaman hias sebagai souvenir untuk berbagai acara, seperti wisuda atau pernikahan.


5. Menjual Bibit Tanaman


Keberadaan ide bisnis pertanian menjual benih tanaman tidak dapat dipandang sebelah mata. Pangsa pasarnya pun cukup luas. Namun, agar bisnis ini dapat berjalan optimal, pastikan Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seluk-beluk perbibitan.


Pada dasarnya, Anda bisa menjual aneka macam bibit tanaman, tapi pilihlah bibit tanaman yang banyak dicari orang, seperti bibit untuk buah, bibit tanaman sayuran, atau tanaman hias. Dengan kerja keras dan pengetahuan mumpuni soal bibit tanaman, Anda pasti akan sukses!


6. Blogger Pertanian


Dengan kemajuan teknologi, Anda bisa memadukan pengetahuan pertanian dengan blogging, Jika Anda adalah seseorang yang telah berkecimpung di dunia pertanian dan suka menulis cobalah membuat blog seputar dunia pertanian.


Kamu bisa membagikan informasi soal tips-tips bertani, kegiatan pertanian, do’s and dont’s saat menanam. Informasi sejenis ini pastilah banyak dicari oleh orang lain, terutama yang baru belajar bertani. Kalau Anda rajin mengunggah konten menarik, cuan pun akan datang juga!


Itulah 6 ide bisnis pertanian yang cocok banget dijadikan dibuka bisnisnya bahkan ada yang tanpa modal juga lho. Apakah Anda tertarik membuka bisnis di bidang pertanian?