Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegunaan Software ERP untuk Bisnis Anda


 

Enterprise Resource Planningatau biasa dikenal dengan ERP adalah sebuah sistem informasi yang dapat mengefisienkan segala proses berjalannya sebuah perusahaan. Ia akan mengintegrasikan proses bisnis yang berkaitan tentang aspek produksi hingga distribusi.

Saat ini, sudah banyak tersedia di berbagai situs terkait aplikasi atau software ERP. Beberapa software terkait ERP yang bisa Anda bandingkan adalah hashmicro, deskera, ramco, tigernix, zoho, oracle netsuit, brightpearl, compiere, sap, odoo, workwise, epicor, dan lain-lain.

Sebelum menentukan software mana yang tepat, alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa hal terkait ERP. Berikut beberapa informasi penting terkait sistem yang masuk klasifikasi back office ini.

Sejarah dan Fungsi Utama Software ERP

Software ERP bukan tiba-tiba muncul dengan berbagai fitur lengkapnya, namun ia merupakan evolusi dari sistem sebelumnya, yakni MRP (material requirement planning). Pada intinya munculnya sistem optimasi bisnis ini bertujuan mengontrol berbagai aktivitas perusahaan seperti produksi, penjualan, pengiriman, manajemen persediaan, manajemen kualitas hingga manajemen sumber daya manusia.

Manfaat Menggunakan Software ERP

Integrasi dan efisiensi adalah hasil yang ingin didapatkan ketika menggunakan software ini. Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan.

1.       Peningkatan Kualitas Produk

Dengan menstandartkan sistem produksi dengan menggunakan ERP, maka produktivitas akan meningkat, inefisiensi juga terus menurun, sehingga dengan sendirinya kualitas produk akan meningkat dan terjaga.

Produk yang terjaga kualitasnya, akan menjadi keunggulan kompetitif dari perusahaan Anda. Paket modul yang tersedia pada sektor ini meliputi perencanaan dan kontrol produksi, logistik, penjualan dan distribusi, layanan pelanggan, dan lain-lain.

2.       Peningkatan kinerja keuangan

ERP juga terdapat modul untuk menstandartkan sistem keuangan perusahaan. Jajaran atas manajemen akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi data keuangan berbagai jenisnya, sehingga akan mudah melakukan kontrol dan eksekusi jika ada problem keuangan perusahaan.

Pada software yang tersedia di berbagai platform, ada beberapa paket modul, salah satunya modul integrasi data keuangan. Paket modul ini meliputi General Accounting, Controlling, Treasury dan Investment Management.

3.       Penataan data dan informasi

Dalam sebuah perusahaan berskala menengah ke atas, akan banyak sekali bidang-bidang yang dikelola. Otomatis akan banyak sekali data informasi yang harus terekam dengan baik

Masalah utama dari perusahaan besar terkait hal ini adalah tumpang tindihnya berbagai informasi yang mengakibatkan proses manajemen yang tidak efektif.

ERP akan membantu melakukan penataan dan pengintegrasian berbagai data dari segala lini.

4.       Kecepatan analisis masalah

Sebagaimana penjelasan beberapa poin di atas, software ERP memiliki keunggulan dalam kecepatan menyajikan berbagai data di banyak proses yang terjadi dalam perusahaan.

Dengan mudah dan cepatnya top manajemen mendapatkan input data, maka akan sangat cepat pula identifikasi dan penanganan masalahnya. Masalah dalam proses di berbagai bidang bisa segera terselesaikan, tidak sempat menjadi masalah besar.

Namun sebelum menerapkan software tersebut di perusahaan Anda, baiknya pahami kebutuhan perusahaan. ERP yang diterapkan di sebuah perusahaan dan akhirnya sukses, tidak menjamin akan cocok juga diterapkan di perusahaan Anda.

 

Bahkan dalam proses seleksi software ini, akan muncul rekomendasi memperbaiki proses bisnis terlebih dahulu sebelum menggunakan ERP.

 

Ketersediaan SDMyang menguasai pola kerja dan penyajian data dari software ini juga menjadi kebutuhan mutlak yang harus disediakan oleh perusahaan. Tanpa SDM yang mumpuni, maka segala keunggulan dari ERP tidak akan bisa optimal dimanfaatkan oleh perusahaan.

 

Di samping itu, dengan berbagai fitur yang lengkap, harga untuk software ini terbilang sangat mahal. Untuk itu pilihan yang salah akan menjadi kerugian besar bagi perusahaan Anda.