Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Franchise yang Perlu Diketahui



Bisnis franchise bisa dijadikan sebagai salah satu peluang usaha di era modern seperti sekarang. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui bisnis franchise. Franchise dinilai lebih mendatangkan keuntungan yang banyak jika dibandingkan harus membuka usaha sendiri dari awal. Selain waktu dan tenaga yang dikeluarkan lebih besar, usaha yang dibangun sendiri sedari awal juga memiliki potensi gagal di tengah jalan.

Bagi yang baru terjun di dunia bisnis, membeli franchise merek tertentu yang sudah diakui kesuksesannya adalah pilihan yang rasional. Karena mengembangkan usaha membutuhkan waktu yang sangat lama dan ilmunya juga luas. Sedangkan mungkin Anda membutuhkan usaha yang mendatangkan laba dalam waktu singkat.

Untuk lebih mengenal bagaimana gambaran franchise itu sendiri, berikut akan dijelaskan sisi positif dan negatif dari bisnis franchise.

Manfaat Membeli Bisnis Franchise

Bukan tanpa alasan usaha franchise semakin diminati masyarakat. Salah satunya karena beragam manfaat yang bisa didapatkan tanpa harus bekerja lebih keras seperti membangun usaha sendiri.

Modal Bervariatif

Di tengah permintaan terhadap bisnis franchise yang tinggi, saat ini pelaku usaha yang merek dagangnya sudah dikenal khalayak ramai berbondong-bondong membuka bisnis franchise dengan modal yang minim. Berbeda dengan dulu, jika ingin bergabung franchise harus mengeluarkan modal puluhan juta, sekarang bisa dilakukan hanya dengan modal beberapa juta saja. Tergantung dari jenis usaha yang ditawarkan.

Paket Komplit

Biasanya, franchisor sudah menyediakan perlengkapan yang komplit. Mulai dari outletatau gerobak, alat penyajian, bahan pemasaran seperti banner, hingga bahan baku. Enaknya, Anda tidak perlu pusing memikirkan semua itu karena sudah tersedia dan siap untuk dipakai.

Ada pula paket franchise yang sudah menyediakan SDM untuk menjaga outlet penjualan. Sehingga tidak perlu repot lagi mencari tenaga penjualan.

Sistem yang Mapan

Enaknya lagi, sistem bisnis sudah disusun secara rapi. Mulai dari pembukuan, sistem restockbarang, hingga bagi hasil. Anda tinggal fokus untuk memasarkan outletagar lebih ramai pengunjung. Ada juga yang murni tinggal menunggu pembagian hasilnya saja. Karena pemasaraan sudah di-handle oleh franchisor.

Kelemahan Bisnis Franchise

Jangan kira membeli bisnis franchise hanya mendatangkan keuntungan saja. Di balik itu semua, ada kelemahan-kelemahan yang mungkin sebagian orang akan merasakannya.

Tidak Bisa Berinovasi

Tentu saja, jika memutuskan untuk bergabung franchise, Anda tidak bisa seenaknya melakukan inovasi terhadap produk. Sekalipun Anda membeli franchise dengan harga yang mahal. Itu karena hak franchisee hanyak menjalankan usaha yang sistemnya sudah ditetapkan oleh franchisor.

Untuk yang suka berinovasi dengan produk atau strategi penjualan lainnya, tentu ini akan sangat mengganggu. Jadi, sebelum memutuskan untuk membeli franchise, pahami dulu kelemahannya ini.

Citra Bisnis Dipengaruhi oleh Frachisee Lain

Terkadang, semua sistem sudah berjalan sebagaimana mestinya, namun mengalami penurunan penjualan karena franchisee lain. Misalnya saja, pelayanan SDM di outlet X citranya sangat buruk. Karena merk dagangnya sama, bisa berimbas pula pada outletyang Anda pegang.

Walaupun bagi orang yang paham tentang bisnis franchisee, bahwa tidak semua outletbisa disamaratakan karena berbeda kepemilikan. Akan tetapi, bagi masyarakat awam sering disamakan karena merk dagang yang sama. Tentu saja ini sangat merugikan Anda.

Dengan demikian, setiap kegiatan usaha pasti memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri. Tidak ada usaha yang selalu mendatangkan keuntungan. Pun tidak selamanya usaha akan merugi. Bisnis franchise perlu dipahami dengan sungguh-sungguh termasuk bagaimana cara kerja sistemnya. Agar Anda memiliki ekspektasi yang tepat dan antar pihak mendapatkan keuntungannya.

Demikian terkait dengan bisnis franchise yang bisa jadi alternatif pilihan saat ini. Dengan semua kemudahannya, Anda bisa melakukan bisnis ini dengan lebih praktis. Namun, perhatikan juga kekurangannya sebagai bahan pertimbangan.