Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saham Preferen, Jenis, dan Kelebihannya


 

Di Indonesia ada 2 jenis saham yang harus Anda ketahui yaitu saham biasa dan saham preferen. Saham biasa mungkin sudah banyak yang tahu, namun untuk saham preferen ini masih banyak yang merasa asing dengannya. Untuk itu mari kita cek penjelasannya.

Pengertian Saham Preferen          

Saham preferen adalah salah satu jenis saham yang cukup menarik untuk dipelajari. Hal ini karena saham tersebut akan membuat penggunanya mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Selain itu, saham preferen juga termasuk jenis saham yang terbilang jarang ditransaksikan. Itu karena emiten yang menyediakannya di Indonesia masih sangat terbatas.

Perbedaan antara saham biasa dan saham preferen

Terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara saham biasa dan saham preferen.

1.       Saham Biasa

Saham biasa adalah jenis saham yang sudah dikenali dan dipakai oleh banyak investor saham di Indonesia. Dengan memiliki saham biasa, berarti Anda juga memiliki emiten yang di pilih itu.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan hak penuh atas deviden jika nanti emiten telah mendapatkan laba. Transaksi ini biasanya dilakukan tak terbatas waktu serta memiliki banyak sekuritas perusahaan yang bisa menangani transaksi saham biasa.

2.       Saham Preferen

Saham preferen merupakan saham istimewa yang jumlah transaksinya masih sedikit di Indonesia. Saham preferen adalah jenis saham yang sangat unik karena punya sifat campuran yaitu antara obligasi dan saham.

Bentuknya saham tapi pengembaliannya dipraktikkan seperti pengembalian pada obligasi. Hanya orang-orang tertentu yang memiliki saham preferen dikarenakan jumlah transaksi yang masih sedikit dan perusahaan sekuritas yang menanganinya juga masih terbatas

Selain itu, informasi terkait  saham ini juga terbilang terbatas dan tidak begitu banyak.  Sehingga ke depannya hal ini akan menjadi sebuah  kesulitan bagi Anda yang akan bermain di saham preferen.

Jenis-Jenis Saham Preferen           

Saham preferen ini memiliki beberapa macam sesuai dengan keunggulannya masing-masing. Berikut ulasannya.

1.     Convertible Preferred Share

Pertama ada convertible preferred share yang merupakan jenis saham yang cukup flexible. Di mana saham ini dapat secara mudah diubah menjadi saham biasa.

Nantinya, nilai saham biasa yang sudah diubah itu akan disesuaikan dengan harga per saham yang sudah disesuaikan oleh emiten. Namun bila sudah berubah menjadi saham biasa, saham ini tidak bisa diubah lagi menjadi jenis saham preferen.

2.     Cumulative preferred share

Kedua ada cumulative preferred share yang merupakan jenis saham  yang memiliki jadwal yang paling singkat dan teratur. Di mana Anda akan mendapatkan dividen secara continueselama tiga bulan sekali

3.     Participating preferred share

Bila memiliki saham preferen jenis ini, maka Anda akan didahulukan untuk mendapatkan dividen. Apabila emiten mengalami kebangkrutan pemilik saham ini akan mendapatkan keuntungannya terlebih dahulu, jadi pemilik saham ini adalah investor yang paling aman.

4.     Callable preferred share

Selain mendapatkan dividen, semua investor dari pemilik saham ini juga berhak memperoleh keuntungan lebih. Keuntungan ini didapat dari dana yang akan diambil oleh para emiten lewat panggilan.

5.     Adjustable-rate preferred share

Terakhir ada adjustable-rate preferred share yang merupakan jenis saham paling banyak variasi. Selain itu, saham ini juga memiliki tolak ukur guna memastikan batas-batas maksimum ataupun minimum.

Kelebihan saham preferen

Berikut adalah kelebihan-kelebihan dari saham preferen yang perlu Anda ketahui:

·         Dividen yang akan diraih oleh investor saham preferen akan jauh lebih besar dibandingkan dengan investor saham biasa

·         Ketika emiten mengalami bangkrut dan harus dibubarkan, investor saham preferen akan didahulukan mendapatkan keuntungan dari sahamnya ketika ada sisa keuntungan,investor saham preferen yang akan mendapatkannya.

Di Indonesia sendiri, ada banyak perusahaan yang sudah menyediakan jenis-jenis saham seperti ini. Seperti contohnya saham MAMIP milik PT Mas Indonesia Tbk dan saham MYRXP milik PT Hanson Internsional Tbk.

Demikian pembahasan mengenai saham preferen, semoga bermanfaat.