Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Investasi Saham Terbaik Untuk Pemula


 

Dari sekian banyak produk investasi yang dapat Anda coba, investasi saham adalah jenis investasi yang memberi return paling tinggi dibanding jenis investasi lain. Namun, dibalik imbal yang tinggi, risiko yang besar juga mengikuti.

Untuk itulah, Anda harus paham tips investasi saham terbaik, khususnya bagi yang masih pemula. Tujuannya supaya investasi yang dilakukan memberi hasil maksimal dan jauh dari kata rugi. Apakah memang ada yang seperti ini?

Tentunya ada. Bagi yang penasaran dan ingin tahu, simak saja ulasannya di artikel ini hingga tuntas. Pasalnya di sini kami bakal membahas bagaimana tips yang tepat berinvestasi saham di bursa Indonesia atau luar negeri dengan sangat mudah.

Tips Investasi Saham Paling Mudah dan Aman

Investasi merupakan pilihan yang sangat tepat jika ingin mendapat masa depan yang cerah dan tentunya bebas finansial. Dalam berinvestasi, ada berbagai tips yang perlu diikuti supaya hasil yang didapat menjadi optimal. Khususnya bagi pemula.

Tenang saja, berikut beberapa tips penting saat berinvestasi di dunia saham :

  1. Tentukan terlebih dahulu sekuritas yang ingin digunakan

Saat memulai berinvestasi di dunia saham, investor perlu membuka rekening efek yang nantinya bakal difasilitasi perusahaan sekuritas. Setelah rekening selesai dibuat, investor perlu melakukan top-up dana ke rekening efek terlebih dahulu.

Selanjutnya, Anda bisa berinvestasi sesuai dengan rencana ke depan masing-masing. Bicara soal sekuritas, ada banyak sekuritas yang dapat digunakan. Setiap sekuritas punya ketentuan berbeda-beda. Jadi harus diperhatikan sebelum memilih sekuritas.

Pilihlah sekuritas yang biaya fee-nya murah agar tidak membebani dana RDN yang Anda miliki saat bertransaksi. Hanya saja pastikan sekuritas tersebut telah terdaftar di OJK supaya proses jual beli saham menjadi aman.

  1. Pilih saham yang ingin diinvestasikan

Jumlah emiten atau saham yang ada di BEI mencapai 700 emiten. Anda bebas ingin berinvestasi di saham mana sesuai dengan keinginan masing-masing. Hanya saja jangan asal pilih emiten agar tidak rugi besar di kemudian hari.

Pilihlah saham yang punya prospek bagus dengan fundamental yang menjanjikan. Jika masih bingung, disarankan memilih salah satu emiten yang bergabung di indeks LQ45 atau juga IDX30. Pasalnya emiten yang bergabung di indeks tersebut cocok untuk pemula.

Mengingat indeks tersebut menjadi gabungan perusahaan dengan latar belakang yang bagus, fundamental yang stabil serta keuangan yang lebih baik. Hindari saham gorengan yang membuat psikologis investasi menjadi terganggu.

  1. Usahakan melakukan investasi jangka panjang

Setiap investor punya planning yang berbeda. Bebas ingin berinvestasi jangka pendek atau jangka panjang. Hanya saja, investasi saham jangka panjang dikenal lebih aman serta lebih menguntungkan. Banyak investor terkenal dan sukses yang menyimpan sahamnya dalam jangka panjang.

Investasi jangka panjang juga memberi kenyamanan berinvestasi seperti yang banyak dicari investor. Di mana para investor dapat hidup tenang dan nyaman dengan keuangan yang lebih stabil setelah 10 hingga 29 berinvestasi di dunia saham.

Yang paling menarik, investasi jangka panjang memberi hasil atau return yang lebih melimpah. Bukan hanya berpeluang mendapat return 100% saja. Namun berpeluang mendapat returnhingga ribuan persen. Sangat menarik dan menguntungkan bukan?

Investasi saham adalah pilihan terbaik untuk masa depan cerah yang bebas finansial. Dengan berinvestasi, Anda bisa mengantisipasi inflasi di kemudian hari. Untungnya di Indonesia banyak emiten saham yang bisa dipilih dengan berbagai prospek besar di dalamnya. Jadi, tunggu apa lagi, investasi sekarang juga dan dapatkan hasil terbaik.