Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Optimasi SEO Marketplace Agar Bisnis Semakin Laris Manis


 

SEO atau Search Engine Optimization tidak hanya dapat diterapkan untuk konten website namun juga dapat diterapkan pada sebuah marketplace. Hal ini bertujuan untuk mengoptimasi peringkat satu Google sehingga dapat mengoptimalkan penjualan. Lantas bagaimana cara SEO Marketplace dapat meningkatkan omzet penjualan dalam sebuah marketplace?

SEO Marketplace dan Pengaruhnya untuk Toko Online

SEO Marketplace adalah cara untuk mengoptimasi toko online di pasar online dengan menggunakan teknik-teknik SEO. Teknik optimasi SEO Marketplace bertujuan agar produk suatu toko menempati peringkat teratas saat calon pembeli mengetikkan nama produk.

Dalam bisnis online, SEO Marketplace memegang peranan sangat penting yaitu membantu toko online menempati halaman pertama di pencarian Google. Selain itu, toko online tersebut juga  akan meraih leads, traffic, dan tentu saja omzet yang meningkat berkali-kali lipat!

Bedanya SEO Website dengan SEO Marketplace

SEO yang dipakai untuk optimasi website atau blog lebih mudah diterapkan ketimbang SEO Marketplac. Hal ini karena dalam website tersebut terdapat banyak konten yang bisa dioptimasi sehingga menjadi konten yang ramah SEO.

Hal ini berbanding terbalik dengan SEO marketplace memiliki susunan lebih rumit karena minimnya konten dan hanya terfokus pada produk saja. Padahal, mesin pencari menyukai situs yang punya banyak konten seperti artikel dan sejenisnya.

Selain itu, situs marketplace yang minim konten membuat pelaku bisnis kesulitan untuk menyebar kata kunci. Hal ini menyebabkan persaingan antar toko online jadi sangat ketat dan lebih sulit muncul di halaman pertama Google.

Terakhir, situs marketplace memiliki susunan yang rumit, terutama di bagian on-page sehingga perlu perhatian khusus. Teknik SEO yang diterapkan untuk blog tidak dapat diterapkan ke toko online marketplace.

Tips Optimasi SEO Marketplace

Kini saatnya Anda mengoptimasi marketplace dengan tips-tips optimasi SEO Marketplace ini. Jangan lupa diterapkan tipsnya agar omzet toko online Anda melejit pesat dan mendapat peringkat di Google:

1.       Riset Kata Kunci

 

Kunci dari sistem pencarian yang organik adalah kata kunci yang ideal. Tanpa kata kunci yang tepat, toko online Anda tidak akan bisa ditemukan oleh calon pembeli. Lakukan riset kata kunci dengan memahami dua prinsip berikut:

Volume pencarian yang menunjukkan potensi traffic dari suatu kata kunci. Semakin besar volumenya, semakin banyak pula potensi traffic-nya. Trafficyang besar dapat mengarahkan toko Anda menuju sales atau penjualan.

Kompetisi kata kunci untuk melihat tingkat kesulitan marketplace untuk meraih peringkat di mesin pencari. Semakin tinggi angka kompetisi, maka semakin sulit untuk meraih posisi nomor satu di mesin pencari.

Riset kata kunci bisa dilakukan dengan menggunakan tools yang sederhana, yaitu dengan Google Keyword Planner dan Google Suggest yang bisa dilihat di halaman mesin pencari. Selain mudah dipakai, Google Keyword Planner juga gratis!

2. Foto Produk yang Menarik dan Alt Text

Foto produk jualan yang menarik adalah daya tarik agar produk Anda dilirik. Tampilkan foto produk yang jelas untuk gambar thumbnail. Tambahkan juga beberapa foto lainnya sebagai detail tampilan produknya.

Selain foto yang menarik, jangan lupa untuk menambahkan alt-text pada foto produk. Fungsi alt-text adalah untuk membantu mesin pencari mengetahui gambar yang relevan dan lebih mudah ditemukan di pencarian foto.

3. Deskripsi Produk yang Informatif

Judul juga merupakan elemen penting yang harus dimasukkan untuk mengoptimasi marketplace dengan SEO Marketplace. Penempatan kata kunci seperti fungsi, nama barang, serta merek harus ada pada judul agar pembaca langsung tertarik dan ingin cari tahu lebih lanjut terkait produk tersebut.

Kemudian, tuliskan deskripsi produk dengan informatif dan menarik agar calon pembeli tertarik untuk bertransaksi di toko Anda. Jangan lupa juga untuk menyebar kata kunci di bagian deskripsi produk agar optimasi SEO Marketplace lebih terarah.

4. Tambahkan review pembeli

Review pembeli berpengaruh pada SEO marketplace. Review pembeli juga menjadi sumber tambahan konten pada toko sehingga mesin pencari dapat melakukan crawling lebih mudah dan Anda punya pilihan impresi pelanggan untuk dijadikan kata kunci optimasi SEO.

Review pembeli juga memudahkan pelanggan untuk melakukan riset dan meningkatkan kepercayaan calon pembeli terhadap toko online Anda. Selain untuk meningkatkan penjualan, review juga membantu perolehan ranking di mesin pencari. Selamat mencoba!