Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Terapkan 7 Tips Ini Biar Sukses Buka Bisnis Sambil Bekerja!

Bekerja sambil berbisnis menjadi impian sebagian besar masyarakat. Selain untuk menyalurkan minat juga menambah penghasilan. Rasanya mengandalkan gaji dari pekerjaan utama saja berat karena harga kebutuhan pokok juga semakin tinggi.


Bekerja sambil menjalankan bisnis bisa jadi solusi untuk menambah penghasilan meskipun terasa melelahkan karena keterbatasan waktu sementara kamu tetap harus fokus pada tanggung jawab kamu sebagai karyawan. Tapi Anda tetap bisa buka bisnis sambil bekerja dengan menerapkan tips-tips berikut ini!


1. Menjalankan Bisnis yang Sesuai Minat


Ada banyak jenis bisnis yang beredar di pasaran, misalnya toko online, kuliner, jasa, dan lainnya. Agar Anda sukses buka bisnis sambil bekerja, pilihlah bisnis yang sekiranya sesuai dengan karakter dan kemampuan pribadi.


Misalnya mahir memotret, Anda bisa membuka jasa fotografi dan videografi atau suka memasak, maka bisnis kuliner adalah pilihan yang tepat. Dengan menjalankan bisnis yang sesuai dengan kemampuan, maka bisnis akan dapat dijalani dengan mudah.


2. Tetapkan Target yang Jelas


Kunci sukses untuk buka bisnis sambil bekerja adalah target yang jelas. Tetapkan tujuan Anda  untuk membangun sebuah bisnis dan tetapkan target yang ingin dicapai dalam kurun waktu tertentu. Target yang jelas ibarat sebuah peta yang membantumu berbisnis dengan sungguh-sungguh.


3. Terapkan Sikap Disiplin


Selanjutnya tips agar buka bisnis sambil kerja berjalan lancar adalah dengan menerapkan sikap disiplin. Sikap disiplin penting untuk memastikan pekerjaan di kantor dan urusan bisnis tidak mengganggu satu sama lain.


Anda bisa mulai dengan membuat jadwal yang teratur dalam bekerja atau berbisnis. Jadwal bisa dibuat secara per hari, minggu atau bulan. Susun jadwal baik melalui kalender digital maupun agenda.


4. Manfaatkan akhir pekan dan waktu luang untuk menjalankan usaha


Poin berikutnya agar buka bisnis sambil bekerja, Anda membutuhkan skill membagi waktu yang baik. Pada umumnya, karyawan harus mengikuti peraturan waktu yang berlaku di dalam kantor, misalnya Kerja dari hari Senin-Jumat selama 8-9 jam. Jika jadwal harian kamu tidak memungkinkan untuk menjalankan usaha, gunakan akhir pekan untuk hari menjalankan bisnis.


Atau bisa mendata waktu luang yang Anda miliki untuk dapat Mengelola bisnis. Dengan manajemen waktu yang baik dan kemauan untuk berusaha, pastilah bisnis Anda akan semakin melejit.


5. Memahami Kontrak Kerja Dengan Saksama


Pastikan Anda sudah paham kontrak kerja yang ada di perusahaan dimana Anda bekerja. Mengenai hari-hari libur atau kebijakan melakukan pekerjaan sampingan, serta untuk mengatur jadwal mengelola bisnis.


Sebaiknya bangun bisnis yang berbeda dengan pekerjaan saat ini untuk menghindari konflik kepentingan antara Anda dan Perusahaan. Tujuannya agar tidak menjadi masalah besar di kemudian hari.


6. Rekrut Orang yang Berintegritas


Salah satu tips sukses buka bisnis sambil bekerja adalah rekan yang berintegritas tinggi serta kredibel untuk menangani bisnis di kala Anda sedang disibukkan dengan urusan pekerjaan. Orang kepercayaan ini dapat membantu menjalankan bisnis dan menangani beberapa hal.


Selain untuk menangani bisnis, orang kepercayaan ini juga dapat diajak berdiskusi mengenai seluk-beluk dalam menjalankan bisnis, tantangan, atau hambatan yang ada. Selain itu, orang tersebut tentulah harus memiliki komitmen, integritas, dan dedikasi tinggi


7. Jangan Pernah Remehkan Istirahat


Sesibuk apapun pekerjaan Anda saat ini dan segiat apapun dalam menjalankan bisnis, jangan lupa untuk beristirahat. Istirahat amat penting kesehatan fisik dan mental. Tubuh yang sehat adalah kunci sukses menjalani pekerjaan harian sekaligus membangun bisnis yang Anda tekuni.


Demikian pembahasan mengenai tips berbisnis sembari bekerja. Pastikan Anda memerhatikan setiap poinnya agar hasil bisnis jadi lebih menjanjikan.